Indonesia Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Indonesia akan menjadi tuan rumah babak kualifikasi Piala Asia U-20 2025 dan tergabung dalam grup F bersama Yaman, Timor Leste, dan Maladewa. 

Hal ini ditentukan melalui pengundian yang dilakukan pada hari Kamis (13/6) di markas AFC di Kuala Lumpur. 

Pelatih tim U-20, Indra Sjafri, menyatakan, "Informasi ini penting bagi kami untuk persiapan menghadapi Kualifikasi AFC. Kami di sini bersama seluruh tim, menyaksikan, menerima, dan mensyukuri hasil undian ini."

"Kami akan menghadapi setiap lawan dengan serius. Para pemain dan pelatih langsung mempersiapkan diri untuk babak kualifikasi AFC," lanjutnya.

Indra juga mengatakan bahwa tim mengambil pengalaman dari turnamen di Prancis. "Pengalaman bertanding di Toulon Turnamen di Prancis, bertemu tim-tim besar Eropa, serta Piala AFF bulan depan akan menjadi sarana yang sangat baik untuk mematangkan dan mempersiapkan tim ini," ujar Indra.

"Karena mimpi kami besar. Sebagai negara besar, kami tidak hanya ingin lolos di Piala Asia, setelah sebelumnya hampir mencapainya pada 2018. Kali ini kami akan mencoba lagi dan berusaha mencapai Piala Dunia," tambahnya.

Ada 45 tim peserta yang dibagi ke dalam 10 grup, lima grup terdiri dari lima tim dan lima grup lainnya terdiri dari empat tim. 

Kualifikasi akan berlangsung dari 21 hingga 29 September 2024. Sepuluh pemenang grup dan lima tim peringkat kedua terbaik akan maju ke babak final, yang akan diselenggarakan di Tiongkok.

Final dijadwalkan berlangsung dari 6 hingga 23 Februari 2025. [Dwi/Ali]