Indonesia Butuh Kemenangan Melawan Filipina untuk Lolos

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Pelatih kepala timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan mengevaluasi permainan timnya setelah kekalahan 0-2 melawan Irak pada Kamis (6/6) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Meskipun demikian, pelatih asal Korea Selatan itu tetap menghargai kerja keras para pemainnya.

"Para pemain sudah bekerja keras, tetapi saya menyayangkan beberapa hal. Kekalahan ini membuat kami harus berusaha lebih keras," kata Shin Tae-yong setelah pertandingan.

"Walaupun kami bermain dengan baik, ada beberapa kesalahan individu yang perlu dievaluasi. Semoga kami bisa berkembang ke depannya," tambahnya.

Kekalahan ini membuat Indonesia harus menang dalam pertandingan berikutnya melawan Filipina pada 11 Juni untuk mengamankan posisi runner-up Grup F.

Saat ini, Indonesia berada di posisi kedua Grup F dengan tujuh poin dari satu kekalahan, satu imbang, dan dua kemenangan.

Irak memimpin dengan 12 poin, Vietnam di posisi ketiga dengan enam poin setelah mengalahkan Filipina 3-2 di hari yang sama, sementara Filipina berada di posisi terbawah dengan satu poin.

Indonesia membutuhkan tiga poin tambahan untuk memastikan lolos sebagai runner-up, karena maksimal poin yang bisa diraih Vietnam adalah sembilan jika menang dalam dua pertandingan berikutnya.

"Kami akan mempersiapkan tim lebih baik. Kami tidak bisa mundur dan harus bekerja keras melawan Filipina," kata Shin Tae-yong.

"Filipina juga merupakan lawan yang sulit, tetapi para pemain harus bekerja keras, seperti hari ini," lanjutnya.

Pemain Asnawi Mangkualam Bahar meminta maaf kepada 60.245 suporter yang hadir di stadion.

Timnya masih memiliki peluang untuk lolos ke putaran ketiga jika berhasil mengalahkan Filipina pada 11 Juni 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Kita masih memiliki satu kesempatan untuk melaju ke ronde ketiga. Pada 11 Juni kami akan berjuang maksimal," kata Asnawi.

[Dwi/Ali]