Peringkat 134, Timnas Indonesia Tantang Tim-Tim Terkuat Asia

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, merasa puas dengan kemenangan timnya atas Filipina dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Selasa (11/6). 

Dia menyebut pertandingan malam itu tidak mudah bagi timnas Indonesia, terutama karena pertahanan Filipina sangat solid selama 30 menit babak pertama.

Dengan kemenangan ini, skuad Garuda berhasil melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Dua gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Thom Haye pada menit ke-32 dan Rizky Ridho pada menit ke-56.

"Hari ini, secara psikologis, kita menghadapi beberapa kesulitan. Namun, berkat kerja keras pemain di lapangan, kita berhasil mencetak sejarah baru dan lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menyadari bahwa di babak ketiga nanti, timnas Indonesia akan menghadapi lawan-lawan yang jauh lebih kuat. 

Asnawi Mangkualam dan timnya berpotensi bertemu dengan tim-tim besar Asia, seperti Australia, Jepang, Iran, Korea Selatan, Qatar, Arab Saudi, dan lainnya.

"Meskipun kami telah lolos ke ronde ketiga, tidak ada lawan yang mudah bagi kami, terutama karena tim kami berada di peringkat 134. Jadi bisa dikatakan kita adalah tim yang paling lemah."

"Tapi saya akan tetap berusaha mencapai impian saya dan kami tidak akan mudah menyerah. Kami akan mempersiapkan tim ini agar semakin baik dan berusaha semaksimal mungkin di putaran tiga," tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.