Pembagian Grup Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Digelar 27 Juni

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Indonesia mengalahkan Filipina 2-0 dalam laga terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, menjaga harapan mereka untuk mendapatkan satu tiket ke Piala Dunia 2026, Kamis (13/6/2024). 

Tambahan tiga poin ini memastikan Indonesia melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, mendampingi Irak yang telah lebih dulu lolos.

Pada babak ketiga, 18 negara akan bersaing dalam tiga grup yang masing-masing berisi enam negara. Hanya juara dan runner-up grup yang langsung lolos ke Piala Dunia 2026 yang akan diadakan di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada. 

Mengingat peringkat dunia, perjuangan Indonesia akan berat karena akan menghadapi negara kuat seperti Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Iran, Qatar, dan Australia. 

Meski begitu, Indonesia tidak boleh menyerah sebelum bertanding. Pelatih Shin Tae-yong menyatakan bahwa Indonesia harus berusaha keras, fokus, dan pantang menyerah untuk mewujudkan impian lolos ke Piala Dunia 2026.

Pembagian grup untuk babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan dilakukan pada 27 Juni di Kuala Lumpur, Malaysia. Setiap negara, termasuk Indonesia, akan menjalani sepuluh pertandingan, lima laga kandang dan lima laga tandang. 

Menurut kalender AFC, babak ketiga kualifikasi akan dimulai pada 5 dan 10 September 2024, lalu 10 dan 15 Oktober, serta 14 dan 19 November. Pertandingan ketujuh hingga kesepuluh akan digelar pada 2025, tepatnya pada 20 dan 25 Maret serta 5 dan 10 Juni 2025.

Setelah melalui pertandingan tersebut, enam tim juara grup dan runner-up akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026. Sementara itu, peringkat ketiga dan keempat grup akan bertanding di babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Enam tim ini akan dibagi menjadi dua grup dan bertanding di satu lokasi. Juara grup babak keempat akan langsung lolos, sehingga total delapan tiket dari Asia akan terpenuhi. 

Asia juga berpeluang menambah satu wakil melalui babak play-off dengan konfederasi benua lain, yang akan diikuti oleh pemenang pertandingan dua negara peringkat kedua di babak keempat kualifikasi. [Dwi/Ali]