Lajang dan Jago Bahasa Mandarin: Profil Brigpol Putri Polwan Tuban ke Misi Perdamaian Afrika Tengah

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Memperkenalkan Brigadir Polisi Wahyu Putri Widyaningrum, seorang Polwan berprestasi dari Polres Tuban yang saat ini menjalani pelatihan pra tugas Formed Police Unit (FPU) 6 MINUSCA di pusat misi Internasional Polri Tangerang.

Lulusan Sepolwan tahun 2014, Putri adalah anak ketiga dari pasangan Abdul Wahab, seorang Purnawirawan TNI berpangkat Mayor, dan Endang Sri Lestari. Ia telah bergabung dengan Satuan Lalulintas Polres Tuban sejak 2015.

Dengan tinggi badan 168 cm, Putri mengisi waktu luangnya dengan berbagai aktivitas positif seperti olahraga boxing, gym, jogging, dan membaca buku.

Dikenal juga dengan panggilan "Bon-bon", Putri memiliki kecerdasan yang luar biasa, terbukti dengan keberhasilannya menjadi salah satu lulusan terbaik bahasa Mandarin dasar dalam pendidikan pengembangan spesialis (dikbangspes) gelombang 3 tahun 2019 di sekolah bahasa Lemdiklat Polri.

Menurut Kapolres Tuban AKBP Suryono, Putri adalah Polwan pertama dari Polres Tuban yang lolos seleksi pasukan perdamaian dan akan berangkat ke Bangui, Afrika Tengah pada September 2024 untuk bertugas selama satu tahun.

Polwan kelahiran 1 Agustus 1996 ini bersama enam anggota lainnya dari Jawa Timur sedang mengikuti pelatihan pra tugas di pusat misi Internasional Polri Tangerang selama enam bulan.

Kapolres Tuban AKBP Suryono menyatakan bahwa keberhasilan Putri merupakan kebanggaan bagi Polres Tuban dan bisa menjadi inspirasi bagi anggota lainnya.

Putri sendiri menyebut motivasinya untuk bergabung dengan pasukan perdamaian adalah rasa penasarannya terhadap kondisi bekerja di negara yang sedang dilanda konflik. 

"Ini adalah tantangan pribadi, saya ingin merasakan bagaimana bertugas di negara yang mengalami konflik," ujar Putri yang saat ini masih lajang. [Dwi/Ali]