Kiswanto, Sosok Inspiratif di Balik Kesuksesan Peternakan Bebek di Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Kiswanto (38), warga Desa Senori, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, berhasil dalam usaha ternak bebek petelur. 

Kesuksesannya dimulai pada tahun 2020 ketika bersama lima warga lainnya, Kiswanto membentuk Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) Mandiri Bersama. 

Kelompok ini mengajukan program Corporate Social Responsibility (CSR) ke PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban melalui Forum Masyarakat Kokoh (FMK) Desa Senori, dan berhasil mendapat bantuan untuk pembuatan kandang serta 140 ekor bebek petelur.

Kiswanto menjelaskan bahwa kelompoknya terus mengembangkan usaha bebek petelur dengan menambah kandang dan mengembangbiakkan bebek, sehingga dari 140 ekor bebek petelur awal kini telah menjadi 550 ekor. 

Setiap minggunya, mereka mampu menjual sekitar 3.000 butir telur bebek kepada pengasin telur. 

Selain dinikmati oleh kelompoknya, hasil usaha ini juga digunakan untuk membantu pembangunan mushola dan kegiatan pengajian di desa mereka.

Sekretaris Desa Senori, Muhammad Ali Mukti, berterima kasih kepada SIG atas berbagai program bantuan yang diberikan, termasuk bantuan usaha peternakan, pembangunan wisata desa, dan pengembangan usaha kuliner. 

Pada tahun 2024, mereka berencana mengajukan program pengelolaan sampah.

Dharma Sunyata, Senior Manager of Corporate Communication SIG Pabrik Tuban, menyambut baik keberhasilan usaha bebek petelur dari OMS Mandiri Bersama dan berharap keberhasilan tersebut dapat menginspirasi penerima program lainnya untuk terus berkembang, menularkan ilmu, dan membantu lingkungan sekitarnya. [Ali/Dwi]