Gempa Dangkal M3,2 Menggoyang Tuban pada Dini Hari 11 Juni 2024

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pada Selasa, 11 Juni 2024 pukul 00.29.36 WIB, wilayah Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik.

Kepala Stageof Sleman, Setyoajie Prayoedhie, dalam pernyataan resminya menjelaskan bahwa analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo M3,2.

"Episenter gempa bumi berada pada koordinat 6.77° LS; 112.06° BT, tepatnya di laut pada jarak 14 km arah Timur Laut Tuban, JATIM dengan kedalaman 9 km," katanya.

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini tergolong dangkal dan disebabkan oleh aktivitas sesar aktif di Laut Jawa.

Guncangan gempa ini dirasakan di daerah Tuban dengan intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan yang diakibatkan oleh gempa tersebut," jelasnya.

Sampai Selasa, 11 Juni 2024 pukul 01.00 WIB, hasil pemantauan BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Hindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa," tambahnya.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, serta tidak ada kerusakan akibat getaran yang dapat membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), saluran Telegram (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau aplikasi mobile (iOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda, pwd pemda-bmkg) atau infobmkg. [Dwi/Ali]