Aneka Oleh-oleh Haji, Buah Tangan untuk Keluarga dan Kerabat yang Datang Berkunjung

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Membeli oleh-oleh sepulang dari haji atau umrah menjaid bagian dari tradisi yang umum di kalangan umat Islam di Indonesia.

Orang-orang yang melakukan perjalanan haji atau umrah sering kali membawa oleh-oleh sebagai bentuk penghormatan kepada keluarga, teman, dan tetangga mereka, serta untuk membagikan berkah spiritual yang mereka peroleh selama perjalanan mereka ke tanah suci. 

Oleh-oleh ini bisa berupa berbagai macam barang, mulai dari makanan khas tempat yang mereka kunjungi, seperti kurma dari Mekah, hingga barang-barang suci seperti Al-Quran atau air zam-zam. 

Tradisi ini juga merupakan cara untuk berbagi keberkahan dan kebahagiaan yang dirasakan oleh jemaah haji dengan orang-orang terdekat mereka atau orang yang datang berkunjung.

Beirkut ini daftar oleh-oleh haji yang umum terdapat di Indonesia.

1. Cokelat Arab
Makanan manis tentu jadi kesukaan sebagian besar orang, salah satunya cokelat. Cokelat Arab sangat cocok untuk Anda bagikan kepada keluarga dan kerabat tersayang. 

Cokelat Arab ini memiliki bentuk dan rasa yang khas dan tidak bisa bisa Anda temukan di Indonesia. 

2. Air Zam-Zam
Oleh-oleh umrah dan haji yang satu ini seperti wajib dibeli oleh siapa saja yang pulang dari Mekkah. Air Zam-Zam ini disebut sebagai air suci yang menjadi sejarah munculnya mata air. 

Mata air ini terus mengalir sejak ribuan tahun lalu dan tidak berhenti hingga saat ini. Anda bisa membawa air Zam-Zam ini secukupnya dan ketahui bagaimana regulasi membawa cairan ke dalam kabin pesawat.

3. Kacang Arab
Kacang Arab jadi salah satu jenis kacang khas negeri Arab yang berbentuk kecil dengan rasa gurih. Kacang ini renyah saat dikunyah dan memberi sensasi lumer di mulut.

4. Kacang Almond
Kacang Almond di negara Arab sangat mudah ditemukan dengan harga yang lebih murah dibanding di Indonesia. Kacang ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan kaya akan manfaat bagi tubuh.

Anda bisa membeli kacang Almond ini di berbagai pusat perbelanjaan yang ada di Mekkah dan Madinah.

5. Kurma
Kurma menjadi oleh-oleh makanan yang paling banyak dibeli oleh jemaah umrah dan haji. Salah satu jenis kurma Arab terbaik yang bisa Anda beli untuk keluarga adalah kurma Ajwa. 

Kurma ini jadi salah satu kurma favorit Rasulullah dengan rasa manis dan berkhasiat. 

6. Buah Tin
Buah ini jadi salah satu oleh-oleh umrah dan haji yang unik dan hanya dapat ditemukan di Arab. Buah Tin ini memiliki rasa yang manis dan memiliki manfaat baik bagi kesehatan.

7. Kacang Pistachio
Jenis kacang yang satu ini bisa jadi oleh-oleh umroh dan haji yang unik untuk Anda bagikan kepada keluarga dan teman terdekat. Kacang ini berwarna hijau dengan cangkang kulit berwarna krem. 

Kacang ini memiliki cita rasa unik yang tidak ditemui di jenis kacang lain pada umumnya. Anda bisa memakannya langsung, menyangrainya atau merebusnya terlebih dahulu.

8. Kismis
Kismis kering khas Arab juga bisa jadi pilihan oleh-oleh umrah dan haji yang bisa Anda beli dengan harga terjangkau, sehingga Anda bisa membelinya dalam jumlah banyak. Kismis ini memiliki warna hijau kekuningan dengan rasa yang tidak terlalu asam dan dapat diolah untuk membuat kue atau makanan lainnya.

Itulah daftar oleh-oleh yang acap dibeli oleh jemaah haji yang telah selesai menunaikan ibadah rukun islam ke 5 dari tanah Suci Mekkah.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS