Curhat di Medsos, Warga Tuban Keluhkan Harga LPG 3 Kilogram Rp35 Ribu

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Beberapa daerah di Parengan dan Kerek, Kabupaten Tuban, dilaporkan mengalami kelangkaan dan kenaikan harga LPG yang membuat kehidupan sehari-hari warga semakin sulit. 

Warga Desa Margorejo, Kecamatan Parengan, mengeluhkan sulitnya mendapatkan tabung LPG 3kg dengan harga yang wajar, yang mencapai kisaran Rp30-35 ribu per tabung.

"Situasi ini telah berlangsung selama empat hari sebelum Lebaran dan belum ada tanda-tanda perbaikan hingga saat ini," kata salah satu warga, Kamis (18/4/2024). 

Para konsumen terpaksa bersabar menunggu pasokan gas yang terlambat, sementara oknum pengecer diduga memanfaatkan situasi ini untuk mendapatkan keuntungan lebih dengan menjual LPG di harga yang tidak wajar.

"Situasi paling mengkhawatirkan terjadi di Dusun Nggoto dan Kentong, di mana harga LPG mencapai puncaknya, yaitu Rp30-35 ribu per tabung," Imbuhnya. 

Meskipun beberapa pengecer besar masih menjual dengan harga Rp25 ribu per tabung, hal ini tetap memberikan beban ekonomi tambahan bagi masyarakat yang sudah kesulitan akibat pandemi dan harga-harga kebutuhan yang semakin meroket.

Penyaluran LPG di Kecamatan Kerek dan Parengan menunjukkan jumlah tabung yang disalurkan selama dua minggu terakhir, namun stok rata-rata pangkalan resmi Pertamina masih dalam kategori aman, dengan 30-50 tabung per pangkalan. 

Taufiq Kurniawan, Section Head Communication and Relations Pertamina Patra Niaga di region Jatimbalinus (Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara) menjelaskan, penyaluran LPG di Kerek, Tuban terdapat 43 Pangkalan LPG Resmi untuk 17 Desa, Rasio Pangkalan 2-3 pangkalan per desa. 

"Total tabung disalurkan selama 2 minggu di bulan april 24.303 tabung. Untuk hari ini 17 april telah disalurkan 1874 tabung," katanya. 

Sedangkan penyaluran LPG di Perengan Tuban terdapat 43 pangkalan LPG Resmi untuk 18 Desa, Rasio Pangkalan 2-3 pangkalan per desa. 

Total tabung disalurkan selama 2 minggu di bulan april 18.200 tabung. Untuk hari ini 17 april telah disalurkan 1608 tabung. 

"Masyarakat dihimbau untuk membeli dari pangkalan resmi Pertamina, yang harga jualnya dijamin sesuai Harga Eceran Tertinggi sesuai SK Gubernur Jawa Timur 2015 sebesar Rp16.000/tabung," imbuhnya. 

Bagi yang belum mengetahui lokasi pangkalan LPG terdekat, diharapkan menghubungi Call Center 135 untuk informasi lebih lanjut. [Dwi/Ali]