Bulog Didesak untuk Serap 500 Ribu Ton Jagung

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Dr. Ir. Suwandi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tuban pada Selasa (19/03/2024). 

Kunjungan ini menjadi momentum untuk melakukan Panen Raya Jagung bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, dan Forkopimda Tuban di desa Ngimbang, Kecamatan Palang. 

Panen raya jagung varietas NK 7328 dilakukan di lahan seluas 517 Ha yang dikelola Gapoktan Manunggal Rejeki desa Ngimbang.

Dirjen Suwandi dalam kunjungannya memberikan bantuan berupa benih jagung 90 ton senilai 5,4 miliar rupiah, bantuan benih padi 125 ton senilai 1,7 miliar rupiah, dan bantuan sarana produksi senilai 3,03 miliar rupiah kepada petani setempat. 

Kunjungan ini juga dihadiri oleh Aster Kasdam V Brawijaya, Kolonel Inf Heri Bambang Wahyudi, Wakil Ketua Satgas Pangan Polri Brigjen Pol. Helvi Assegaff, serta jajaran pejabat eselon Ditjen Tanaman Pangan Kementan RI dan pimpinan OPD terkait.

Suwandi menyatakan Kabupaten Tuban merupakan sentra jagung yang penting, baik di Jawa Timur maupun Nasional. Meskipun mengandalkan tadah hujan, produktivitas jagung di Tuban mencapai 7 ton per hektar. 

Produktivitas jagung nasional pada rentang Januari-April 2024 diproyeksikan mencapai 5,2 juta ton, meningkat dari tahun sebelumnya yang masih di bawah 5 juta ton.

"Untuk menjaga ketersediaan jagung dan stabilitas harga, Bulog diinstruksikan untuk menyerap 500 ribu ton jagung," Pintanya. 

Selain itu, hasil panen jagung juga diserap oleh pengusaha untuk pakan ternak, dengan total jagung yang diserap mencapai kurang lebih 4 juta ton.

Dirjen Suwandi juga mengharapkan adanya Kesepakatan Bersama antara Petani maupun Gapoktan dengan perusahaan dan asosiasi pengusaha jagung untuk menjamin penyerapan hasil pertanian jagung.

Sekda Tuban, Budi Wiyana, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Kementan RI terhadap Kabupaten Tuban dalam optimalisasi lahan pertanian. 

"Kabupaten Tuban berada di urutan pertama produksi jagung terbesar di Jawa Timur pada tahun 2023, dengan produksi jagung mencapai 778.477 ton Jagung Pipil Kering (JPK)," kata Budi. 

Pada tahun 2024, luas tanam jagung di Tuban mencapai 84.730 Ha dengan proyeksi panen jagung pada bulan Maret 2024 mencapai 42.586 Ha. Harga jagung dengan kadar air 17 persen di Tuban saat ini sebesar 4.900 rupiah per kilogram. [Ali/Dwi]