BI Siapkan Penukaran Uang Rupiah Lewat Aplikasi

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Bank Indonesia (BI) bersama PERURI (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia) dan APJATIN (Asosiasi Perusahaan Jasa Pengolahan Uang Tunai Indonesia) menyediakan layanan penukaran uang Rupiah selama acara Serambi 2024. 

Layanan ini akan berlangsung mulai 15 Maret hingga 7 April 2024 di 4.264 titik layanan kantor bank umum di seluruh Indonesia.

Selain layanan di kantor bank, BI juga menyediakan opsi penukaran uang Rupiah melalui Layanan Kas Keliling di pasar tradisional, pasar modern, dan Kas Keliling Susur Sungai di beberapa wilayah. 

Di DKI Jakarta, BI dan perbankan akan menyediakan Layanan Penukaran Terpadu pada 28 hingga 31 Maret 2024 di Istora Senayan, serta di stadion dan alun-alun kota di daerah lain.

Bank Indonesia juga akan menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, seperti di rest area jalan tol, pelabuhan, dan stasiun kereta, mulai tanggal 2 hingga 5 April 2024.

Untuk memudahkan penukaran uang Rupiah, masyarakat dapat memesan melalui Aplikasi PINTAR (Penukaran dan Tarik Uang Rupiah) melalui situs: pintar.bi.go.id.

Sambil menikmati Serambi 2024, Bank Indonesia mengajak masyarakat untuk semakin mencintai, bangga, dan paham terhadap uang Rupiah. 

Ini dapat diwujudkan dengan menyayangi Rupiah melalui pengetahuan ciri keasliannya (Dilihat, Diraba, Diterawang - 3D) dan merawat uang dengan baik (Jangan dilipat, Jangan dicoret, Jangan diremas, Jangan distapler, dan Jangan dibasahi - 5J).

Menggunakan uang Rupiah juga merupakan bentuk kecintaan pada bangsa, karena Rupiah bukan hanya alat pembayaran sah tetapi juga simbol kedaulatan negara. 

Selain itu, pemahaman terhadap Rupiah juga ditunjukkan dengan perilaku bijak berbelanja sesuai kebutuhan, mendukung UMKM nasional, serta menabung dan berinvestasi untuk pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Dengan kerjasama yang erat antara BI, PERURI, dan APJATIN, diharapkan layanan penukaran uang Rupiah selama Serambi 2024 dapat memberikan manfaat dan kemudahan bagi seluruh masyarakat Indonesia.