Banjir Tuban Semakin Parah, PLN Siaga Putus Aliran Listrik di 6 Desa

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Banjir yang mengepung sejumlah kecamatan di Kabupaten Tuban sejak kemarin terpantau semakin parah. Hujan deras yang terus mengguyur kawasan tersebut, membuat listrik di desa tertentu dilaporkan padam. 

Bahkan, jika debit air semakin naik, supply aliran listrik untuk masyarakat di beberapa desa yang ada di Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban terpaksa dilepas. 

Hal tersebut, dibenarkan oleh Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Kabupaten Tuban, Baskoro Ocky. Menurutnya, tindakan itu dilakukan untuk keamanan masyarakat. 

"Untuk keselamatan masyarakat yang terdampak banjir, tegangan supply PLN harus dilepas agar tidak terkena sengatan listrik," terangnya kepada blokTuban.com, Selasa (12/3/2024). 

Adapun rencana pelepasan supply aliran listrik di Kecamatan Rengel tersebut, meliputi beberapa desa. Diantaranya ialah Desa Gemblo, Desa Kanor, Desa Tambakrejo, Desa Kanorejo, Desa Tawangsari dan juga Desa Karangtinoto. 

Sebab, saat ini volume air bengawan di wilayah tersebut terpantau semakin naik, sehingga perlu dilakukan pelepasan supply aliran listrik sewaktu-waktu, apabila berada dilevel emergency. 

"Mengingat volume bengawan semakin naik, demi ke amanan bersama kita akan putus sementara suplly aliran listriknya jika info dari petugas kita yang lagi memantau dilokasi sudah di level emergency," jelasnya. 

Lebih lanjut, saat ditanya apakah supply aliran listrik di kecamatan lainnya juga akan diputus, pria yang baru bertugas di Kabupaten Tuban beberapa hari tersebut menjelaskan jika hal itu tergantung dari kondisi yang ada di lapangan. 

"Masih melihat kondisi di lokasi (untuk kecamatan lainnya) dan info dari BPBD," tutupnya. [Sav/Ali]