Antisipasi Kekurangan Stok, PMI Tuban Rencanakan Donor Darah di Masjid

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Selama bulan Ramadan 1445 Hijriah atau 2024 Masehi, Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tuban berencana menggelar donor darah keliling di masjid-masjid yang ada di Kabupaten Tuban. 

Hal tersebut, dilakukan guna mencukupi stok persediaan darah di PMI Tuban selama bulan Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah nanti. 

Humas PMI Tuban, Sardju Effendi mengatakan jika persediaan darah PMI Tuban selama bulan Ramadan sampai saat ini masih aman. Hanya saja, hingga kini pihaknya terus mengagendakan jadwal untuk melakukan kegiatan donor darah selama bulan Ramadan.

Namun, Sardju sapaan akrabnya menyampaikan bahwa saat ini belum ada jadwal pasti kegiatan donor darah yang dilakukan oleh pihaknya. 

"Untuk kegiatan donor darah selama bulan Ramadan sementara ini belum ada jadwal mbak" katanya kepada blokTuban.com saat dikonfirmasi, Kamis (14/3/2024). 

Meski begitu, ia mengaku jika pihaknya telah mengagendakan untuk menggelar donor darah keliling di sejumlah masjid yang ada di Kabupaten Tuban, pada Minggu kedua bulan Ramadan nanti. 

Menurutnya, kegiatan tersebut diupayakan akan digelar setelah salat tarawih dilakukan. 

"Kami sudah mengagendakan memasuki minggu kedua nanti untuk keliling di masjid-masjid yang ada diwilayah Tuban dan sekitarnya," jelasnya. 

Selain melakukan donor darah keliling, selama bulan Ramadan Kantor PMI Tuban juga membuka pelayanan donor darah, dengan jam khusus yaitu mulai pukul 08.00 hingga 22.00 Wib. [Sav/Ali]