Libur Panjang, Pantai Panduri Tuban Jadi Favorit Destinasi Camping Wisatawan

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Libur panjang Isra Miraj dan Imlek yang dimulai pada 8 Februari - 11 Februari 2024 menjadikan wisata Pantai Panduri yang terletak di Dusun Awar-awar, Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban favorit jujukan wisatawan, Sabtu (10/2/2024). 

Hal ini bisa dibuktikan, dengan banyaknya wisatawan yang jauh-jauh hari, telah memesan tenda-tenda untuk ngecamp (bermalam) di pinggir Pantai Panduri.

“Libur panjang ini lumayan banyak pengunjung dari luar Tuban seperti Surabaya, Lamongan, Gresik, Bojonegoro, yang booking tenda untuk ngecamp,” ujar ketua Pokdarwis Pantai Panduri Sumaji kepada blokTuban.com.

Lebih lanjut Sumaji juga mengatakan jika waktu libur panjang, dalam satu malam masih terdapat sekitar 15 tenda yang didirikan di Pantai Panduri.

Hal Ini berbeda jika dibandingkan dengan hari-hari biasa, yang mana orang yang ngecamp di pantai hanya berkisar 5-8 tenda saja. 

Walaupun saat ini wisata Pantai Panduri sudah dikenal masyarakat luar Tuban, namun animo masyarakat dalam kota juga tak kalah tinggi. Hal ini terlihat saat pagi hari dan sore hari, bahkan pengunjung bisa tembus hingga ratusan orang.

“Kalau wisatawan dalam kota juga banyak, namun mereka biasanya datang Pagi atau sore hari, dan setiap harinya ada kalau 100 orang,” imbuhnya.

Sementara Itu Priyo (28) wisatawan asal Surabaya mengatakan jika ia memang sudah jauh-jauh hari berkeinginan datang ke Pantai Panduri, namun belum kesempatan. Dan di momen libur panjang ini, ia gunakan untuk berkunjung ke pantai Panduri bersama dengan teman-temannya.

“Sebenarnya sudah lama ingin berkunjung Ke sini namun baru kesempatan kali ini,” ujar Priyo.

Menurut Priyo Pantai Panduri adalah pantai yang cukup bagus di Kabupaten Tuban sebab pantai Panduri memiliki perbedaan dibandingkan pantai di Tuban lainnya.

“Pantai Panduri ini berbeda dengan pantai-pantai di Tuban lainnya. Seperti, airnya tampak kebiru-biruan,” imbuhnya.

Selain itu menurutnya lokasi pantai Panduri sangat ideal untuk digunakan bermalam. Sebab, selain lokasi camp yang luas secara fasilitas juga sudah lengkap serta pelayanannya juga baik.

Bagi kalian yang tertarik datang ke lokasi wisata kalian cukup mengikuti jalur Pantura Tuban-Semarang nantinya jika sudah sampai di Desa Purworejo akan ada pos lalu lintas Satlantas Polres Tuban, di sana ada pertigaan antara Jalan Pantura dengan jalan Syekh Subakir.  

Kalian tinggal mengikuti jalan sekitar 2 Kilometer dan di sisi kiri akan kita temui lokasi Pantai Panduri yang berada di belakang makam Syekh Subakir. 

Sedangkan dari pusat Kota pantai Panduri memiliki jarak 24 kilometer menempuh waktu sekitar 25 menit saja. Adapun tiket masuk ke lokasi Panduri wisatawan hanya dikenakan tiket parkir kendaraan saja. [Nur/Ali]