PWI Tuban Suplai 50 Kantong Darah di HPN ke-78 Tahun

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban, menggelar tasyakuran dan donor darah, guna memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-78 tahun, yang bertempat di Aula Palang Merah Indonesia (PMI) di Jalan Pramuka 02 Tuban. 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Perwakilan Forkopimda Tuban, DPRD Tuban, Stakeholder dan beberapa insan pers yang ada di Bumi Wali Tuban. 

Dari pantauan blokTuban.com, dalam momentum sakral tersebut, Ketua PWI Tuban memotong tumpeng, dilanjut dengan penyelerahan penghargaan, dan kegiatan donor darah

Adapun penghargaan tersebut, diberikan PWI Tuban kepada tiga instansi dan juga stakeholder, karena selama ini dinilai telah menjadi mitra strategis. 

Dalam kesempatan ini, Ketua PWI Tuban, Suwandi menyatakan jika kegiatan yang digelar tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari PWI Tuban, pada momen HPN 2024.

Menurutnya, kegiatan ini sangat sakral, karena pada 9 Februari adalah hari yang sangat penting bagi insan pers, yaitu peringatan hari pers secara nasional. Oleh karena itu, kegiatan ini menjadi simbol rasa syukur PWI Tuban, atas capaian yang telah diraih selama ini. 

"Kegiatan donor darah ini juga penting karena untuk membantu sesama orang yang sedang membutuhkan darah. Sedikitnya ada 50 orang yang mengikuti donor darah dalam kegiatan PWI Tuban hari ini," terangnya. 

Dengan suplai puluhan kantong darah itu, diharapkan dapat menjaga stabilitas stok darah di UDD PMI Tuban. Di mana data PMI per 9 Februari tersedia 278 kantong darah. Didominasi golongan darah B 119 kantong, AB 49 kantong, O 85 kantong, dan A 25 kantong. 

Selain itu, pria yang akrab disapa Wandi itu menjelaskan salam kegiatan ini, PWI juga turut mengundang beberapa tamu undangan. Mulai dari Kapolres Tuban, Dandim, Ketua DPRD, Kejari Tuban, PMI Tuban, Lapas Kelas IIB Tuban, Bank Jatim, PT SIG Pabrik Tuban, Diskominfo-SP Tuban, KPU Tuban, RSUD dr Koesma Tuban hingga para insan pers yang bertugas di Kabupaten Tuban. 

Mereka diundang untuk hadir diacara tasyakuran selain sudah menjadi mitra, karena juga kantornya berdekatan dengan Sekretariat PWI Kabupaten Tuban.

"Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dan antusias anggota untuk donor darah juga lumayan. Selain itu, para tamu undangan atau perwakilan juga banyak yang ikut donor. Selanjutnya, terimakasih kepada UTD PMI Tuban yang sudah membantu suksesnya acara kali ini," katanya. 

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, maka ia berharap ke depannya PWI Tuban dapat terus aktif dalam berbagai kegiatan. Baik dalam peningkatan Sumberdaya Manusia (SDM) anggota maupun bhakti sosial. 

Di sisi lain, kegiatan yang dilakukan PWI Tuban hari ini juga akan menambah semangat kebersamaan, dan keperdulian terhadap sesama. 

"Pada intinya kami tidak hanya menjalankan tugas sebagai wartawan yang menyampaikan informasi kepada masyarakat. Tetapi, kami juga menggelar berbagai kegiatan yang lain. Termasuk kegiatan sosial kemasyarakatan, maupun kegiatan edukatif maupun sosialisasi untuk masyatakat," bebernya. 

Sementara Ketua DPRD Tuban, M Miyadi mengucapkan selamat kepada PWI Tuban yang telah sukses menggelar rangkaian kegiatan HPN 2024.

Melalui kegiatan ini, ia berharap agar ke depannya PWI bisa selalu aktif berkegiatan dan tidak hanya memberikan informasi saja, melainkan juga bhakti sosial kepada masyarakat.

"Semoga bisa semakin kompak dan terus meningkatkan jalinan silaturrahim bersama mitra PWI," pungkasnya. [Sav/Ali]