Berkah Imlek di Tuban bagi Penjual Burung Pipit

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Perayaan Imlek 2024 di Kabupaten Tuban, ternyata memberikan berkah tersendiri bagi para penjual burung pipit yang berada di depan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Kabupaten Tuban, Sabtu (10/2/2024).

Para penjual burung pipit ini ternyata, berasal dari Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang. Dengan menggunakan sepeda motor yang dikasih keranjang kotak berisikan 1.000-1.500 ekor burung, mereka akan datang ke Kabupaten Tuban untuk memanfaatkan peluang usaha. 

Kepada blokTuban.com, salah satu penjual burung Pipit bernama, Slamet (55) disaat momen Imlek telah tiba, maka ia dan lima orang saudaranya pasti akan datang ke Kabupaten Tuban guna menjual burung pipit di depan TITD Kwan Sing Bio. 

“Setiap Imlek saya dan saudara-saudara saya, pasti akan datang ke Tuban untuk berjualan burung pipit,” ujar Slamet.

Lebih lanjut Slamet mengatakan jika pemilihan TITD Kwan Sing Bio untuk lokasi berjualan bukan tanpa alasan. Sebab, menurutnya di momen perayaan Imlek akan banyak jamaah dari luar Tuban yang akan datang ke TITD Kwan Sing Bio.

“Di Jombang juga ada klenteng, namun jamaah sana biasanya malah ke sini. Jadi kenapa saya menjual di sini, karena banyak jamaah yang datang dari berbagai kota,” imbuhnya.

Untuk burung pipit Slamet memperolehnya dengan cara membelinya dari tengkulak dengan harga Rp550/ekor, sedangkan jika dijual per ekor akan dibandrol dengan harga Rp2.000.

Untuk pembelian Slamet tidak mematok minimal pembeliannya, biasanya para pembeli akan membeli burung, sesuai dengan kebutuhan atau umur mereka.

“Biasanya belinya sesuai umur mereka,” bebernya. 

Sayangnya, Slamet merasakan jika pembeli burung pipit saat ini, tak seramai sebelum pandemi. Dan ia akan bersukur jika nantinya 1.000 ekor burung yang ia bawa bisa ludes terjual. [Nur/Ali]