Cara Bedakan Petugas PLN Asli dan Gadungan Pasca Pencurian Panel LPJU di Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Adanya pencurian panel Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban yang terjadi belakangan ini, tentu membuat resah masyarakat setempat. 

Pasalnya, imbas dari pencurian tersebut lampu yang ada di sekitar lokasi mengalami pemadaman listrik. Oleh karena itu, agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi di wilayah tersebut maupun di desa lain yang ada di Kabupaten Tuban, maka PLN Tuban meminta agar masyarakat mengenali ciri-ciri petugas PLN yang asli. 

Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Kabupaten Tuban, Agus Riyadi mengungkapkan jika biasanya, petugas PLN yang bertugas akan menggunakan sepeda motor dan juga mobil. 

"Kalau petugas PLN biasanya bekerja menggunakan sepeda motor dan mobil," ucapnya kepada blokTuban.com, Sabtu (13/1/2024). 

Selain menggunakan kendaraan, biasanya petugas PLN juga dilengkapi dengan identitas nama lengkap, serta tidak menggunakan penutup muka apapun. 

Sebab, menurut ciri-ciri dari pelaku pencurian panel LPJU di Desa Sugihwaras, menggunakan pakaian PLN dengan wajah yang tertutup rapat dengan slayer. 

"Setiap petugas ada identitas nama lengkap dan tidak ditutupi mukanya mbak. Untuk seragam yang digunakan pelaku, dipastikan bukan dari petugas PLN Tuban. Petugas kami pasti ada PK dan WO tugas resmi," bebernya. 

Di sisi lain, petugas PLN yang sedang bertugas di lapangan, juga selalu dilengkapi dengan surat tugas serta berpakaian seragam lengkap.

Dengan adanya kejadian ini, maka Agus menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Tuban, untuk segera melaporkan di aplikasi PLN mobil atau menghubungi nomor 123, apabila terdapat hal yang mencurigakan. 

Lebih lanjut, atas peristiwa pencurian ini, pihak PLN juga telah melaporkannya kepada pihak yang berwajib. [Sav/Ali]