Sehari, 4 Peristiwa Kebakaran Terjadi di Kabupaten Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Dalam kurun waktu satu hari, sebanyak empat insiden kebakaran lahan terjadi di Kabupaten Tuban, yang tersebar di empat titik kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban

Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar) Tuban, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban, Sutaji menjelaskan jika empat titik kebakaran tersebut, berada di Desa Sambonggede Merakurak, Desa Sumberagung Plumpang, Desa Kablukan Bangilan, serta Desa Pakel Montong, Kabupaten Tuban

"Hari ini kita menangani empat peristiwa kebakaran sekaligus, di Kecamatan Merakurak, Plumpang, Bangilan, dan terakhir tadi di Montong," ujarnya kepada blokTuban.com, saat dikonfirmasi Jumat (27/10/2023). 

Menurutnya, dari empat peristiwa kebakaran ini, rata-rata yang menjadi penyebabnya hampir sama, yaitu dilatarbelakangi pembakaran sampah, yang kemudian merembet ke lahan sehingga terjadi kebakaran. 

baca juga:

- Niat Bakar Sampah, Tumpukan Jerami Milik Warga di Tuban Ikut Ludes Terbakar

- Sebuah Lahan Milik Ibunda Bupati Tuban Terbakar

"Penyebabnya hampir sama, yaitu karena bakar sampah dan kemudian tidak ditunggui oleh yang membakar sehingga api merembet," katanya. 

Selain itu, dari empat insiden kebakaran yang terjadi hari ini, lanjutnya dua diantaranya membakar lahan kosong milik warga di Kecamatan Plumpang dan Bangilan, satu kebakaran membakar tumpukan jerami di Kecamatan Merakurak, dan satu kebakaran membakar lahan bambu yang kemudian merembet ke tumpukan ban bekas di belakang Pondok Pesantren An-Nur, yang berada di Kecamatan Montong. 

Meski demikian, Taji sapaan akrabnya mengaku dari empat kejadian yang terjadi, tidak ada korban jiwa. Hanya saja, kebakaran tumpukan jerami di Kecamatan Merakurak, menimbulkan kerugian materil sebanyak Rp2 juta. 

"Kerugian hanya dialami oleh pemilik tumpukan jerami di Kecamatan Merakurak sebanyak Rp2 juta. Untuk kebakaran lahan di Kecamatan Bangilan, Montong dan lahan di sebelah SPBU Sumberagung Plumpang, kerugiannya nihil," tutupnya. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS