Niat Bakar Sampah, Tumpukan Jerami Milik Warga di Tuban Ikut Ludes Terbakar

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Kasus kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Tuban. Kali ini, api membakar tumpukan jerami milik Sutrisno, warga yang tinggal di Dusun Banggel, Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. 

Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban, Sutaji mengatakan jika kebakaran tersebut, bermula dari tetangga yang membakar sampah di sekitar tumpukan jerami tersebut. 

Namun, bekas pembakaran sampah tersebut, justru merembet ke tumpukan jerami yang letaknya tak jauh dari sana, sehingga kebakaran tak bisa terhindarkan. 

"Penyebab dari kebakaran kali ini adalah karena bekas pembakaran sampah milik tetangga, yang merembet ke tumpukan jerami," paparnya kepada blokTuban.com, Jumat (27/10/2023). 

baca juga:

Korsleting Listrik Sebabkan Rumah Warga di Tuban Kebakaran

 

Setelah mendapatkan laporan adanya kebakaran tersebut, Taji sapaan akrabnya mengaku jika pihaknya langsung bergerak cepat menuju ke lokasi kebakaran, guna melakukan upaya pemadaman. 

Tidak berselang lama setelah mendapatkan laporan, tim Damkar Tuban sampai ke lokasi dengan membawa dua unit mobil Damkar Pos Mako, 1 unit mobil SIG, serta 1 unit mobil GRR dan langsung melakukan pemadaman. 

"Kami mengerahkan 8 personel dari Damkar Mako, 4 personel Damkar SIG, 2 personel Damkar GRR, dan bantu oleh 2 personel Trantib Merakurak, Personeln Polsek Merakurak dan warga setempat, sehingga sekitar 15 menitan api pokok sudah padam dan kemudian dilakukan pembasahan," jelasnya. 

baca juga:

Sedang Persiapkan Hajatan, Dapur Milik Warga di Tuban Ini Kebakaran dan Alami Kerugian Ratusan Juta

Dari peristiwa kebakaran ini, lanjutnya, luas 7,5 meter persegi bangunan terbakar dari luas bangunan sebesar 12 meter persegi. 

Lebih lanjut, meski tidak ada korban jiwa dari kejadian ini, namun Taji memperkirakan jika kerugian yang dialami oleh pemilik jerami, kurang lebih mentaksir Rp2 juta. [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS