Siap-siap Gerhana Bulan Sebagian Akan Terlihat di Tuban, Catat Waktunya

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pada Minggu (29/10/2023) mendatang, Gerhana Bulan Sebagian (GBS) dapat disaksikan di langit Indonesia, termasuk di Kabupaten Tuban

Gerhana bulan sebagian ini merupakan fenomena yang terjadi, saat bumi menghalangi cahaya matahari, sehingga tidak semuanya sampai kepada bulan. Biasanya, gerhana dapat terjadi lantaran ada pergerakan dinamis posisi matahari, bumi maupun bulan saat fase purnama. 

Oleh karena itu, saat gerhana ini terjadi, posisi bulan, matahari dan juga bumi sejajar, sehingga sebagian piringan bulan masuk ke dalam umbra bumi. Kondisi ini, membuat bulan terlihat gelap sedikit kemerahan dibagian yang terkena umbra bumi. 

baca juga:

Perubahan Iklim Kian Nyata, BMKG Imbau Masyarakat Bersama-sama Turunkan Suhu Bumi

Kepada blokTuban.com, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padma mengatakan jika GBS dapat dilihat di wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Tuban, diawali pada pukul 01.00 Wib, dengan durasi kurang lebih 1 jam, 18 menit, 57 detik. 

"Bulan terbit pada pukul 16.59'.24'' Wib, Gerhana  mulai (P1) pukul 01.00'.00'' WIB, Gerhana bulan sebagian dimulai (U1) pukul 02.34'.37'' Wib, Puncak Gerhananya pukul 03.14'.05'' Wib dan Gerhana bulan sebagian berakhir pukul 03.53'.34'' Wib," katanya kepada blokTuban.com, Jumat (27/10/2023). 

Menurut pria yang akrab disapa Zem ini, GBS sendiri setidaknya bisa terjadi sebanyak 2 kali dalam satu tahun. Dimana, setidaknya selama tahun 2023 ini, fenomena gerhana di Indonesia sudah terjadi sebanyak empat kali, yaitu gerhana Matahari dua kali dan gerhana Bulan sebanyak dua kali. 

baca juga:

Gempa M5,6 Guncang Selatan Jabar, Getaran Terasa di Sukabumi hingga Bandung

Rinciannya, Gerhana  Matahari Hibrid (GMH), Gerhana  Bulan Panumbara, Gerhana Matahari Cincin dan Gerhana  Bulan Sebagian yang akan terjadi beberapa hari mendatang. 

"Untuk Gerhana Bulan Sebagian setidaknya terjadi dua kali dalam setahun," imbuhnya. [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS