Resep Tahu Tek Telur Khas Surabaya dengan Citra Petis

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kuliner yang ramah di lidah orang Indonesia, 'Tahu Tek' adalah salah satu hidangan khas dari Surabaya yang hampir menyerupai tahu lontong. 

Hidangan ini terdiri dari tahu goreng, yakni tahu yang digoreng hingga renyah di luar yang disajikan dengan saus kacang khas dan beberapa tambahan seperti lontong, tauge, kentang rebus, taoge, telur rebus, dan serundeng atauparutan kelapa yang digoreng.

Saus kacang untuk tahu tek biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti kacang tanah, gula merah, garam, cabe rawit, dan ditambah petis. Saus ini biasanya gurih, manis, dan sedikit pedas. 

Selain itu, kadang-kadang disajikan dengan tambahan krupuk udang atau emping melinjo untuk memberikan tekstur yang lebih renyah. Berikut resep membuat tahu tek selengkapnya.

Bahan-bahan

Saus kacang:

4 sdm kacang tanah yg sdh digoreng

1 1/2 sdm petis

1 siung kecil bawang putih atau 1/4 siung bawang putih besar

5 buah cabe rawit (bisa kurang/lebih sesuai selera)

1/4 sdt garam

5-6 sdm air matang (saya: 10sdm)

1-2 sdm kecap manis (sesuai selera)

Pelengkap:

1 1/2 buah tahu (saya 3 buah)

1 buah kentang uk sedang (sdh dikukus/direbus)

Secukupnya kerupuk

1/2 buah lontong (sesuai selera)

1/4 buah mentimun

Segenggam tauge

1 butir telur ayam

1/4 sdt untuk membumby telur

Secukupnya minyak untuk menggoreng

 

Cara Membuat

1. Kocok telur ayam beri garam, kocok hingga garam larut, lalu tambahkan 1/2 potong tahu, kocok kembali (bisa tanpa tahu jadi cuman telur dadar biasa saja, tergantung selera) Panaskan minyak dgn api sedang lalu goreng telur hingga matang dikedua sisi.

2. Setelah telur matang, angkat dan tiriskan. Kemudian goreng kentang dan sisa tahu hingga tahu setengah matang dan kentang kering bagian permukaannya, angkat lalu tiriskan.

3. Haluskan kacang tanah, cabe rawit, bawang putih, garam, petis, dan air. Tambahkan kecap manis, aduk hingga semua tercampur rata, jgn lupa untuk koreksi rasa.

3. Potong2 lontong, tahu, kentang dan telur sesuai selera dan tata di piring saji. Lalu tuangkan bumbu diatasnya dan beri taburan tauge pendek juga irisan mentimun dan kerupuk sebagai pendamping. Tahu Tek siap untuk dinikmati.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS