Resep Membuat Smoothie Kacang Hijau dan Ketahui Manfaatnya

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Biji kacang hijau atau yang dikenal dengan nama latin Vigna Radiata adalah sumber nutrisi yang baik dan memiliki berbagai manfaat kesehatan. 

Kacang hijau umumnya dapat dimasak dan disajikan dalam berbagai cara, tergantung pada preferensi pribadi dan jenis hidangan yang ingin Anda buat. Berikut beberapa manfaat kacang hijau dan beberapa cara baik untuk memasaknya:

Manfaat Kacang Hijau:

- Sumber Protein Nabati: Kacang hijau mengandung protein nabati yang baik untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.

- Sumber Serat: Kacang hijau mengandung serat diet yang tinggi, yang dapat membantu menjaga pencernaan sehat dan mengatur kadar gula darah.

- Vitamin dan Mineral: Kacang hijau kaya akan berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin B, asam folat, besi, magnesium, dan fosfor.

- Antioksidan: Kacang hijau mengandung antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Salah satu cara untuk mendapat manfaat dari kandungan kebaikan dari kacang hijau dengan membuatnya smoothie. Simak resep selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

250 gr kacang hijau

500 ml santan (2 sct santan 65 ml dilarutkan, bisa ganti fiber creme atau SKM)

5 sct skm putih

250 gr gula

1/2 sdt essence pandan

1,5 lt air

Cara Membuat

1. Cuci kacang hijau, buang kulit-kulit yang mengapung, lalu rendam semalaman dengan 500 ml air. Setelah direndam akan bertambah mekar.

2. Rebus kacang hijau dengan air rendamannya dan tambah 1 liter air lagi. Rebus dg metode 5-30-7. mendidih selama 5 menit, tutup dan matikan api, diamkan 30 menit. Lalu didihkan lagi selama 7 menit, matikan api. Sisihkan.

3. Kacang hijau sudah matang, kemudian blender dengan ditambahkan santan sedikit demi sedikit.

4. Setelah diblender, rebus kacang hijau, tambahkan SKM, gula, sejumput garam, dan essence pandan. Aduk sampai mendidih (diaduk ke dasarnya agar endapannya tidak gosong).

5. Cek rasa. Jika sudah pas, matikan api. Bisa disajikan hangat atau suhu ruang. Dingin juga lebih nikmat.

Itulah respe membuat smoothie kacang hijau yang dapat juga dijadikan ASI booster. Selamat menikmati.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS