Resep Jenang Ketan Hitam, Warisan Jajanan Tradisional Generasi Old

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Jenang ketan hitam merupakan makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari salah satu jenis beras ketan yang berwarna hitam. Makanan ini memiliki sejarah panjang dalam budaya Indonesia dan merupakan bagian penting dari tradisi kuliner di berbagai daerah di Indonesia.

Jenang ketan hitam bagian dari warisan budaya kuliner yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Jenang ketan hitam sering kali disajikan dalam berbagai upacara adat, perayaan, dan ritual keagamaan.

Berikut ini bahan dan proses membuat jenang ketan hitam yang dapat dicoba di rumah.

Bahan-bahan

125 gr tepung Ketan putih

125 gr tepung Ketan Hitam

200 gr gula merah

100 gr gula pasir

Sejumput garam

750 ml santan (350ml santan instan + 400ml air)

1 lembar daun Pandan

1 sdt pasta vanila

Taburan:

2 sdt wijen sangrai

 

Cara Membuat

1. Rebus 350ml santan, gula merah, gula pasir, daun Pandan, garam, hingga semua gula larut dan sedikit mengental. Biarkan dingin.

2. Campur tepung ketan putih, tepung ketan hitam, pasta vanila, 400ml sisa santan. Aduk rata hingga tidak bergerindil. Masukkan larutan santan+gula. Aduk rata.

3. Masak campuran adonan di atas kompor api sedang cenderung kecil. Masak hingga menggumpal jadi 1.

4. Lanjutkan memasak dengan terus mengaduk menggunakan spatula kayu. 

5. Masak hingga adonan Kalis dan tidak lengket ditangan. Proses ini penting untuk menghasilkan jenang yang pulen dan tahan lama.

5. Masukkan ke wadah. Baiknya besek, karena pertukaran udaranya baik sehingga jenang tidak mudah lembab dan tahan lama. Jika tidak ada, bisa letakkan di container plastik. Biarkan dingin dahulu baru ditutup.

6. Terakhit taburi wijen sangrai

7. Jenang ketan hitam siap dinikmati bersama keluarga.

 

Itulah resep membuat jenang ketan hitam yang tidak hanya enak, tetapi juga mengandung makna historis dan budaya yang mendalam dalam masyarakat Indonesia. 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS