4 Rute Wisata Tuban yang Perlu Dicoba di 2023

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebagai daerah di pesisir utara Jawa Timur dan dilintasi jalur nasional Pantai Utara (Pantura), Tuban memiliki beragam keindahan yang sayang untuk dilewatkan, Minggu (24/9/2023).

Tuban memiliki garis pantai sepanjang 65 Kilometer membentang dari Kecamatan Bancar hingga Palang. Banyak objek wisata pantai alami dan buatan tumbuh dan menjadi penopang ekonomi masyarakat setempat.

Selain itu, terdapat gua, air terjun, dan wisata susur sungai yang cocok untuk mengisi liburan akhir pekan. Sebut saja Silowo, wisata susur sungai dengan Kano kini sedang digandrungi para wisatawan.

Air terjun Nglirip yang berlokasi di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan kini sedang cantik-cantiknya di puncak kemarau. Di mana warna airnya hijau tosca dan cocok untuk merelaksasikan diri.

Ada juga Pantai Pasir Putih di Desa Remen, Kecamatan Jenu. Pantai yang berlokasi di ujung Tanjung Awar-awar ini memiliki warna air laut biru karena lautnya dalam.

Masih banyak tempat yang cocok untuk dikunjungi ketika berada di Tuban. Oleh karena itu, simak 4 rute wisata Tuban yang patut dicoba di tahun 2023.

1. Rute Arah dari Barat

Kabupaten Tuban dapat ditempuh dari Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Sesuai hitungan di google map, perjalanan dari Alun-alun Rembang ke Tuban butuh waktu kurang lebih 2 jam 17 menit dengan mobil dan 2 jam 9 menit jika naik motor.

Setelah perjalanan panjang, tentunya butuh untuk tempat beristirahat. Sobat blokres disarankan untuk singgah di Pantai Perbatasan Jateng-Jatim tepatnya di Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar.

Selain ada musala dan warung makan, di sini sobat blokers juga dapat bermain di pantai yang cukup bersih. Jarak pantai ini dari Alun-alun Rembang sekitar 1 jam 14 menit.

Dari Pantai Perbatasan ke arah timur selama 14 menit ada Pantai Sowan menjadi salah satu pantai berbatu karang di Tuban. 26 menit lagi ke timur akan ketemu Pantai Semilir dengan view sunset yang cantik.

Lalu, selama 21 menit ke timur ada Pantai Cemara Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu. Sama seperti Pantai Semilir, di pantai ini pengunjung dapat menikmati kopi maupun makanan ringan yang disediakan pedagang kecil.

Nah, dari Pantai Cemara ke arah timur selama 9 menit kalian akan ketemu Klenteng Kwan Sing Bio. Tempat ibadah umat 3 agama itu juga menjadi salah satu destinasi wisata religi, dengan view pemandangan pantai yang indah. Jika kalian ingin singgah di Alun-alun Tuban, cukup 5 menit dari Klenteng ke arah timur.

2. Rute dari Arah Timur

Rute dari arah timur kita memilih patokan Wisata Bahari Lamongan (WBL) sebagai titik start ke Tuban. Jarak WBL ke Alun-alun Tuban kurang lebih 36,9 Km atau 57 menit.

Sobat blokers jangan buru-buru ke Alun-alun Tuban ya!. Singgah dulu di Pusat oleh-oleh di Desa Karangagung, Kecamatan Palang. Dari WBL dapat ditempuh selama 35 menit atau berjarak 23,6 Km. Di sini banyak oleh-oleh khas pesisir yang cocok untuk dibawa pulang.

Dari Karangagung ke barat sejauh 4,7 Km atau ditempuh 9 menit ada Makam Asmoroqondi sebagai salah satu destinasi wisata religi Tuban yang populer. Ke arah barat sejauh 4,8 Km atau waktu tempuh 8 menit ada Pantai Kelapa yang terkenal dengan segarnya kelapa mudanya.

Nah, dari Pantai Kelapa jarak Alun-alun Tuban sudah dekat sekitar 4,7 Km atau ditempuh dengan waktu 9 menit.

3. Rute dari Arah Selatan

Rute dari arah Selatan kita memilih start dari Kabupaten Bojonegoro. Sesuai google map, dari Bojonegoro Kota menuju Alun-alun Tuban jaraknya 47,8 Km dengan waktu tempuh 1 jam 18 menit dengan mobil dan 1 jam 6 menit memakai motor.

Lokasi pertama yang harus dikunjungi adalah Argo Park Klumpit di Desa Klumpit, Kecamatan Soko. Dari Bojonegoro wisata ini hanya berjarak 15,4 Km dengan waktu tempuh 36 menit.

Dari sini ada wisata Sendang Maibit di Kecamatan Rengel. Jaraknya 14 Km dengan waktu tempuh selama 28 menit ke arah utara. Lalu, ada Gua Ngerong yang juga di Kecamatan Rengel. Jarak Sendang Maibit ke Gua Ngerong sekitar 3,4 menit atau 7 menit perjalanan dengan mobil.

Setelah puas bermain dengan kelelawar dan ikan di Gua Ngerong, sobat blokers dapat langsung ke Alun-alun Tuban yang berjarak 28,6 Km atau 41 menit perjalanan dengan mobil.

4. Rute dari Arah Barat Daya

Sebelah barat daya Tuban adalah Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Kita memilih Blora sebagai titik start perjalanan ke Tuban. Jarak antara Blora dan Alun-alun Tuban sekitar 89,9 Km atau 2 jam 37 menit dengan mobil.

Melintasi Kecamatan Kenduruan, Jatirogo, dan Bangilan sobat blokers akan tiba di Air Terjun Nglirip, di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan. Jaraknya dari Blora kurang lebih 51,1 Km atau ditempuh dalam waktu 1 jam 34 menit.

Dari Air Terjun Nglirip, ada mata air Krawak yang jernih di bagian atasnya. Waktu tempuh Nglirip menuju Krawak yang berlokasi di Desa Guwoterus, Kecamatan Montong adalah 4 menit dengan mobil.

Dari sini ada wisata Tebing Pelangi yang jaraknya 21,9 Km dapat ditempuh selama 34 menit. Tebing pelangi merupakan bekas tambang kapur yang disulap menjadi objek wisata.

3 menit dari Tebing Pelangi ada wisata Jati Wangi Park. Lalu, 7 menit menuju wisata Silowo, 6 menit ada wisata Pelang, dan 5 menit dari Pelang ada wisata Sendang Wangi yang baru opening bulan April 2023 lalu.

Nah, dari wisata Merakurak dapat langsung ke Alun-alun Tuban dengan jarak 13,3 dan waktu tempuh 28 menit. Itulah 4 rute wisata Tuban Selamat mencoba! [Ali/Dwi]