Warung Tuak Jadi Lokasi Peredaran Narkoba Pil Y di Tuban

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Selain carnophen dan pil double L, saat ini terdapat jenis narkoba lain yang mulai merambah di Kabupaten Tuban.

Jenis narkoba baru yang mulai masuk di Bumi Wali yaitu, narkoba yang bernama pil Y. Pil Y sendiri, sekilas memiliki bentuk fisik yang hampir sama dengan pil-pil yang lebih dulu masuk di kabupaten Tuban. 

Seperti carnophen atau dobel L, barang haram ini berbentuk pil berwarna putih namun yang membedakannya yaitu terdapat cetakan huruf Y nya. 

Menurut Kasat Resnarkoba Polres Tuban, AKP Teguh Triyo Handoko dari pengakuan pengedar pil Y, pil ini memiliki efek yang lebih kuat dibandingkan dengan pil Carnophen.

"Dari pengakuan tersangka (pengedar pil Y, red), ketika meminum pil Y bisa lebih ngefly dibandingkan Carnophen," ujarnya. 

Selain itu, faktor yang menjadikan masyarakat lebih tertarik membeli barang haram ini lantaran harganya yang lebih murah, sebab dengan Rp35 ribu sudah mendapatkan 10 butir pil Y. 

"Pil ini lebih murah Rp35 sudah mendapatkan 10 butir," imbuhnya. 

Disinggung terkait peredaran pil Y Teguh mengatakan, jika pil Y, didapatkan pengedar dari Jawa Tengah untuk nantinya diedarkan ke berbagai warung tuak.

"Biasanya pengguna pil Y akan mengoplos 2 butir pil Y dengan satu centak (gelas) tuak," gunamnya. 

Lebih lanjut Teguh juga mengatakan jika target market dari pil Y sendiri di jual kepada nelayan, anak jalanan, dan komunitas motor.

Masih kata Teguh, pil Y sendiri merupakan narkoba yang diklasifikasikan ke dalam obat-obatan daftar G. 

"Dari kasus terakhir pil Y ini didapatkan oleh seorang nelayan di Kecamatan Merakurak, dari temannya sesama nelayan di Jawa Tengah," pungkasnya. 

Dan dari pengakuan pengedar, ia rela mengedarkan pil Y, untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. [Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS