2 Tahun Laksanakan PKKMB Daring, Tahun ini 679 Maba Unirow Ikuti Kegiatan Secara Luring

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Setelah 2 tahun melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara daring karena adanya pandemi Covid 19. Pagi ini Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban melaksanakan PKKMB secara luring, Rabu, (13/09/2023). 

Tampak ratusan mahasiswa baru Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban sedang berkumpul di Halaman Kampus Unirow untuk mengikuti pembukaan PKKMB, dengan memakai baju putih mereka tampak sangat antusias dan bersemangat. 

Dalam kegiatan pembukaan PKKMB ini, tampak kehadiran Ketua Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Persatuan Guru Republik Indonesia (PPLP-PT PGRI) Tuban, Kapolsek Kecamatan Semanding, Komandan Kodim Kabupaten Tuban, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tuban, serta Jajaran dosen Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban.

PKKMB ini sendiri mengambil tema Aktualisasi Potensi Mahasiswa Yang Humanis, Visioner, dan Berdaya Saing Global. 

Ketua Panitia kegiatan PKKMB Suantoko mengatakan jika PKKMB tahun ini diikuti oleh 679 peserta. 

"Peserta yang mengikuti kegiatan PKKMB pada tahun ini merupakan calon mahasiswa baru Unirow ataupun yang belum pernah mengikuti PKKMB, dan PKKMB ini diikuti oleh 679 peserta,” ujarnya.

Sementara itu Rektor Unirow Dr. H. Warli, M.Pd mengatakan jika PKKMB ini merupakan amanah dari Dirjen Dikti melalui Sebuah Edaran Nomor. 0489/E.E2/DT.01.01/2023 tertanggal 12 Juli 2023 tentang pedoman umum pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) tahun 2023.

“Dalam kegiatan PKKMB ini menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap perguruan tinggi, sebagai awal pengenalan awal adaptasi bagi mahasiswa baru yang akan belajar di sebuah perguruan tinggi,” ujar Warli.

Masih kata Warli bahwa dalam kegiatan PKKMB kegiatan ini Unirow tak hanya melibatkan orang di lingkungan kampus saja, Unirow juga menggandeng berbagai pihak luar.

Tujuannya agar mahasiswa bisa mendapatkan ilmu di luar lingkup kampus seperti pencegahan anti korupsi, kekerasan seksual, penyalahgunaan narkoba dan lain-lain.

“Nantinya mahasiswa tidak hanya mendapatkan materi tentang pengenalan kampus saja, tetapi juga mendapatkan materi yang tak kalah penting yaitu pencegahan anti korupsi, kekerasan seksual, penyalahgunaan narkoba dan lain-lain.” imbuhnya. 

Sebagai informasi tambahan bahwa PKKMB ini akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada 13-14 September 2023. Dan diikuti oleh berbagai mahasiswa baru dari berbagai prodi yang ada di Unirow. [Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS