Begini Cara Dapatkan Vaksinasi Covid-19 Gratis dari Dinkes P2KP Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Peralihan dari masa pandemi menjadi endemi, tentu membawa perubahan besar bagi masyarakat, terutama dalam  menjalankan aktivitas sehari-hari. Sebab, pada masa endemi saat ini, masyarakat sudah bisa bekerja atau melakukan aktivitas normal seperti sediakala, tanpa harus dibatasi.

Meski demikian, vaksin booster Covid-19 masih disarankan untuk tetap diterima oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut, untuk tetap menjaga imunitas masyarakat.

Namun, memasuki masa endemi ini, banyak masyarakat bertanya-tanya, apakah layanan vaksinasi covid-19 masih dibuka dan bagaimana cara untuk bisa mendapatkannya. Pasalnya, kini sudah jarang daerah yang mengadakan vaksinasi masal seperti dulu.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Tuban, Atiek Supartiningsih mengatakan jika sampai saat ini, pihaknya masih melayani permintaan vaksinasi Covid-19 dari masyarakat.

“Vaksin Covid-19 masih terus berjalan, selama kita masih dapat dropping dari pusat dan privinsi,” ujarnya kepada blokTuban.com saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (2/9/2023).

Adapun layanan vaksinasi ini sendiri, bisa didapatkan oleh masyarakat di pusat layanan Kesehatan ataupun pukesmas terdekat. Hanya saja, jatah vaksin yang diterima sendiri, lebih sedikit jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Oleh karena itu, untuk melakukan vaksinasi Covid-19, biasanya tenaga Kesehatan akan mendata terlebih dahulu, masyarakat yang hendak melakukan vaksinasi.

“Anggaran khusus Covid-19 sudah tidak ada, tapi kita tetap menyiapkan anggaran untuk itu. Untuk vaksin sekarang kita masih dapat dropping dari pusat, tapi untuk jumlahnya memang tidak banyak,” jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, biasanya masyarakat yang membutuhkan vaksinasi Covid-19 akan dijadwalkan bersama. Hal itu, untuk meminimalisir pembuangan vaksin, karean satu kali vaksin dibuka diperuntukkan untuk 10 orang.

“Kalau kita buka satu kan untuk 10 orang, supaya tidak buang jadi dikondisikan supaya bisa maksimal. Jadi nggak selalu datang ke pukesmas ada layanan nggak bisa, karena satu vaksin isi 10, setelah itu buang. Jadi nanti ada jadwalnya khusus dari teman-teman,” imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS