Tingkatkan Kemampuan Literasi Siswa,  Sekolah Dasar di Tuban Gunakan Metode Domim

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Pagi ini puluhan siswa-siswi sekolah dasar (SD) Pusaka Tuban, dikumpulkan di lapangan sekolah. Mereka terlihat riang dan gembira ternyata mereka sedang mengikuti kegiatan kelas literasi menggunakan metode domim (dongeng pantomim), Sabtu (2/09/2023) pukul 07.00 Wib.

Dalam kegiatan ini terdapat sekitar 60 siswa siswi SD Pusaka yang mengikuti kegiatan kelas literasi, dari berbagai kelas.

Pertama-tama para siswa siswi SD Pusaka Tuban akan mendapatkan cerita terkait dongeng-dongeng asli nusantara menggunakan pantomim yang ditampilkan oleh mimer dari Sanggar Pemuda Bergerak Plumpang Feri Aditya.

Kemudian setelah melihat dongeng menggunakan pantomim, para siswa-siswi ini kemudian diajak untuk membaca dongeng-dongeng Nusantara. 

Menurut Kipti Purwasih (35) salah satu guru SD Pusaka Tuban kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan literasi kepada anak-anak SD dengan cara yang lebih menyenangkan. 

"Kalau tujuan kami agar anak-anak bisa memiliki budaya literasi yang bagus, namun agar tidak terkesan monoton maka kita gunakan metode domim, supaya anak-anak bisa mengenal literasi dengan cara yang menyenangkan," ujar Kipti Purwasih.

Kipti menambahkan jika dalam kegiatan ini sengaja menggandeng sanggar pemuda bergerak foundation Plumpang, untuk memberikan materi kepada para anak-anak agar bisa mengenal lebih dalam sebuah literasi dengan cara yang menyenangkan ini. 

Melihat suksesnya acara pada hari ini, Kipti berencana agar kelas literasi ini, nantinya dilaksanakan setiap seminggu sekali pada hari Sabtu. 

"Kalau melihat dari antusias para siswa-siswi pada hari ini kita akan melaksanakan setiap seminggu sekali," imbuhnya. 

Sementara itu salah satu siswa yang mengikuti kegiatan ini, Vino menjelaskan jika kegiatan ini sangat menyenangkan bahkan seperti bermain. 

"Kegiatan kelas literasi ini sangat menyenangkan seperti bermain," ujarnya. 

Ia berharap agar kegiatan seperti ini bisa sering dilakukan di sekolahnya sebab selain bisa menambah ilmu dia juga bisa mengenal lebih terkait pantomim. [Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS