Tes Calon Perangkat Desa Serentak di Tuban Berbasis Kertas

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Kurang dari seminggu calon Perangkat Desa (Perades) di Kabupaten Tuban akan mengikuti Tes seleksi Paredes, tepatnya akan dilaksanakan pada 9 Agustus 2023 mendatang pada pukul 09.00 WIB. 

Untuk lokasi pelaksanaan tes seleksi Parades, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos P3A PMD) Tuban Sugeng Purnomo menerangkan akan dipusatkan di satu lokasi yang telah disepakati oleh panitia desa juga Tim  Pengawas Kecamatan. 

"Kalau lokasi tes dilaksanakan di kecamatannya masing-masing namun tergantung kesepakatan panitia desa dan tim pengawas mau ditaruh dimana," ujar kepala Dinas Dinsos P3A PMD Tuban, Sugeng Purnomo kepada blokTuban.com, Jumat (4/8/2023).

baca juga:

Inilah Alur Pelaporan Jika Ada Dugaan Kecurangan Panitia Rekrutmen Perangkat Desa di Tuban

 

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Sugeng Ini menjelaskan bahwa untuk sistem pelaksanaan ujian nantinya akan menggunakan sistem manual menggunakan kertas. Alasannya karena tak memungkinkan  jika desa menyiapkan komputer untuk ujian. 

Namun kendati menggunakan sistem manual menggunakan kertas nantinya saat proses koreksi soal akan menggunakan scan komputer dan langsung disaksikan oleh saksi peserta, tim pengawas dan panitia desa. 

"Dalam seleksi ini kita kita gunakan asas transparansi dan keterbukaan," imbuhnya. 

Sugeng juga memastikan bahwa untuk pelaksanaan tes bagi calon perangkat desa dapat dipastikan akan berjalan sesuai jadwal dan tak mengalami kemunduran. 

baca juga:

3.678 Warga Tuban akan Ikuti Seleksi Perebutkan 234 Kursi Perangkat Desa

Sebagai Informasi tambahan Pemerintah Kabupaten Tuban telah membuka lowongan perangkat desa sebanyak 234 formasi, di 19 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

Saat ini sudah terdapat 3.678 orang yan dipastikan lolos verifikasi data untuk selanjutnya melanjutkan di tahap tes tanggal 9 Agustus 2023 mendatang. [Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS