Ratusan Lowongan Formasi Perangat Desa di Kabupaten Tuban Akan Segera Dibuka

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Kabar gembira bagi para orang yang ingin mengabdikan dirinya di desa, sebab saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban sedang membuka ratusan lowongan perangkat desa. 

Ratusan lowongan tersebut terdiri dari 235 formasi perangkat desa, di 19 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban kecuali wilayah Kecamatan Tuban. 

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemerintahan Masyarakat Desa (Dinsos P3A dan PMD) Kabupaten Tuban Sugeng Purnomo mengatakan jika nantinya 235 lowongan ini akan memenuhi beberapa unsur seperti Sekretaris Desa, hingga Kepala Urusan (Kaur). 

"Ada beberapa formasi mulai dari Sekretaris hingga Kaur," ujar Kepala Dinsos P3A dan PMD Sugeng Purnomo kepada blokTuban.com, Selasa (13/06/2023). 

Pria yang akrab disapa Sugeng ini menambahkan bahwa nantinya dalam pembukaan lowongan perangkat desa akan ada sampai tiga kali tahapan.

Pertama akan dilakukan perekrutan apabila kuota tidak terpenuhi maka akan dilakukan perpanjangan pendaftaran. 

Dalam perpanjangan ini ketika tidak terpenuhi lagi maka akan dilakukan perpanjangan lagi sampai tiga kali. Jika pada tahap ketiga atau terakhir ini masih tidak ada yang mendaftar maka akan ditunda sampai tahun depannya lagi. 

"Akan ada ada tahapan sampai tiga kali. Kalau sampai ketiga masih kosong, maka akan ditunda," imbuhnya.

 

Sugeng juga menambahkan bahwa pendaftaran belum dibuka sebab saat ini ia masih menunggu hasil sosialisasi dari pemerintah desa, dan jika sosialisasi selesai nantinya akan dibuka pendaftaran perangkat desa tersebut. 

"Rencananya akan dibuka pada 10 Juli namun kita masih menunggu sosialisasi yang dilakukan pemerintah desa selesai," imbuhnya. 

Disinggung terkait anggaran penyelenggara perangkat desa, Sugeng mengatakan jika anggaran perekrutan perangkat desa akan mengambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). [Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS