Resep Bubur Suro Khas Ramadan di Tuban yang Kaya Rempah dan Bergizi

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Salah satu makanan khas yang hanya dibuat saat bulan Ramadan di wilayah Kabupaten Tuban yaitu bubur suro.

Bubur suro sendiri merupakan sebuah bubur khas bulan Ramadan yang dibuat dengan bumbu rempah-rempah, dan hanya di buat di Halaman Masjid Astana Sunan Bonang, Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/ Kabupaten Tuban.

Namun untuk pembaca blokTuban.com yang rumahnya berada jauh dari area Makam Sunan Bonang jangan khawatir tidak bisa mencicipi lezatnya bubur satu ini.

Sebab Kordinator pembuat bubur suro Muhammad Lazim (80), dengan senang hati berbagi resep bubur suro, agar kalian bisa membuatnya sendiri di rumah.

Untuk membuat bubur suro, terbilang cukup mudah, karena hanya memerlukan 3 bahan pokok seperti beras, kelapa dan bebrapa tulang sapi atau kambing.

Muhammad Lazim (80) menjelaskan bahwa penggunaan tulang sapi dan kambing bertujuan untuk menambah rasa gurih dari bubur.

“Untuk tulang sapi atau kambing, bisa menghasilkan kaldu, dan kaldu tersebut membuat cita rasa bubur lebih gurih,” ujar Muhammad Lazim (80) kepada blokTuban.com, Jumat (31/03/2023).

Selain tiga bahan pokok tersebut terdapat bumbu rempah-rempah yang digunakan untuk membuat bubur suro, tujuannya agar bubur terasa lebih gurih dan nikmat. Namun bumbu yang dipakai untuk membuat bubur suro, ternyata sama dengan bumbu yang dibuat untuk membuat gulai.

“Untuk bumbunya sama dengan bumbu gulai,” imbuhnya.

Untuk bahan bumbunya yaitu kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai merah, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai, kayu manis dan jintan yang dihaluskan, dicampur. Kemudian bumbu-bumbu tersebut dihaluskan untuk nantinya dicampur ke dalam bubur.

Untuk memasak bubur tahap pertama beras harus dibersihkan menggunakan air sampai benar-benar bersih, setelah itu beras dimasukkan di kuali yang dikasih air.

"Semua jenis beras bisa digunakan mas," imbuhnya

Kemudian bumbu gulai yang sudah dihaluskan tadi dicampur kedalam kuali beserta tulang dari sapi atau kambing serta santan dari kelapa tadi.

Setelah itu selama memasak bubur tersebut harus terus diaduk hingga bubur matang. Agar bagian bawah tidak gosong serta bumbu dapat tercampur dengan rata. Setelah itu bubur sudah siap disantap.[Nur/Dwi] 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS