Dinsos P3A Ajak Masyarakat Wujudkan Bumi Wali KLA

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Tuban, Nurjanah, menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam mendukung terwujudnya program Kabupaten Layak Anak (KLA) di Kabupaten Tuban.

Menurutnya, dukungan serta peran aktif dari orang tua, guru serta lapisan masyarakat dalam mengawasi anak di lingkungan sekitar sangatlah berpengaruh, untuk menekan terjadinya kasus kajahatan dan kekerasan terhadap anak.

"Saya imbau orang tua dan masyarakat serta guru juga melaksanakan peranya dengan baik dan selalu menyayangi anak," terang Nurjanah saat ditemui blokTuban.com, Jumat (19/10/2018).

Ditambahkan Nurjanah, selain orang tua dan masyarakat, dukungan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga diperlukan. Mengingat sampai saat ini masih terdapat beberapa kasus kekerasan yang melibatkan anak-anak.

"Kedepan diharapkan Kabupaten Tuban bisa menjadi KLA yang semakin baik dan tidak ada lagi kasus kekerasan pada anak," pungkasnya.

Diketahui, data yang tercatat di Polres Tuban kasus kejahatan terhadap anak selama tahun 2018 tercatat sebanyak 14 kasus, sedangkan 2017 mencapai sekitar 27 kasus. Hal itu mengalami penurunan hingga 50 persen dibandingkan dengan tahun 2017 yang lalu. [hud/rom]