Peduli Lingkungan, Inkanas Tuban Bersih-bersih Pantai

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sedikitnya sekitar 175 anggota Institut Karate-Do Nasional (Inkanas) Cabang Kabupaten Tuban menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) bersih-bersih sampah di area wisata Pantai Boom, Kabupaten Tuban, Minggu (28/1/2018).

Kegiatan tersebut sekaligus bersamaan dengan latihan bersama yang diikuti dari seluruh ranting Inkanas di Kabupaten Tuban, serta penyerahan sabuk kenaikan tingkat kepada para anggota yang beberapa waktu lalu mengikuti ujian.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua Harian Inkanas Kabupaten Tuban, Suwanto, mengutarakan keinginanya untuk mendidik anak-anak generasi muda peduli pada lingkungan. Oleh karena itu pihaknya mengawalinya dengan melakukan kegiatan bersih pantai.

"Kami ingin menanamkan kedisiplinan yang sudah mengakar di karate ini bisa diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari terutama peduli pada lingkunganya," ungkap Suwanto kepada blokTuban.com.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban tersebut menjelaskan, kenapa memilih wisata pantai boom untuk menjadi sasaran baksos. Hal itu dikarenakan, pantai boom merupakan salah satu pantai bersejarah, dimana selama delapan abad lamanya menjadi pelabuhan internasional sebelum ada pelabuhan-pelabuhan lain di nusantara.

"Ini yang perlu kita jaga bersama-sama. Dan tentunya kegiatan ini tidak hanya di pantai boom saja, namun semua pantai di wilayah Tuban," sambungnya.

Lebih lanjut pihaknya berharap, kedepan kegiatan baksos seperti ini menjadi salah satu program dari inkanas Tuban, yang tidak hanya diselenggarakan di satu titik ini saja namun juga seluruh pantai di wilayah Bumi Wali. [hud/rom]