Jumat Barokah, Kapolsek Rengel Silaturrahmi dan Berbagi

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Hari Jum'at, benar-benar dimanfaatkan oleh Kapolsek Rengel Polres Tuban, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Yani Susilo untuk bersosialisasi dan berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Pada kesempatannya, melalui kegiatan Sholat Jum'at Barokah, AKP Yani menggelar silaturrahmi dengan warga di Dusun Jetis, Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban di Masjid Baitul Muttaqin, Jumat (26/1/2018).

Momen Jumat barokah, di samping untuk berinteraksi dengan warga, juga dimanfaatkan olehnya untuk menyampaikan himbauan Kamtibmas, terutama jelang pemilukada gubenur. Dia mengajak agar warga ikut berperan aktif dalam hal keamanan.

"Banyak peran yang dapat dilakukan oleh masyarakat menjaga keamanan jelang Pemilukada. Sebagai contoh, mengaktifkan kembali kegiatan Siskamling dan tamu wajib lapor," kata Kapolsek Rengel.

Lanjut Kapolsek, bila ada permasalahan sosial di lingkungan, AKP Yani menyarankan untuk segera melaporkan hal tersebut ke Tiga Pilar Desa (Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Kepala Desa) untuk diselesaikan secara baik-baik pada tingkatan desa juga.

"Setiap perkara tidak harus diselesaikan melalui jalur hukum. Bila ada permasalahan, bisa melapor ke Tiga Pilar untuk dirembuk dan dicarikan jalan keluar untuk penyelesaiannya," imbuhnya.

Menurut AKP Yani, Tujuan kegiatan ini adalah agar Polri lebih dekat dengan masyarakat, sekaligus menumbuhkan daya cegah tangkal bagi masyarakat terhadap gangguan Kamtibmas.

Masih di tempat yang sama, Perwira yang murah hati ini juga membagikan santunan bagi anak yatim dari desa setempat. Kegiatan ini, merupakan agenda rutin AKP Yani setiap selesai melaksanakan Sholat Jum'at.

"Semoga sedikit yang kami berikan untuk anak-anak dapat bermanfaat bagi mereka," pungkasnya.

Sebagai informasi, selama menjabat sebagai Kapolsek Rengel dalam kurun waktu 4 bulan, telah 14 Masjid di berbagai desa yang berbeda telah dikunjungi olehnya. Dan metode ini merupakan salah satu cara AKP Yani untuk bersosialisasi dan memberikan manfa'at bagi masyarakat. [feb/ito].