Pemkab Apresiasi Sukorejo Jadi Desa Wisata Budaya

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) mengapresiasi upaya masyarakat Desa Sukorejo, lantaran masyarakat desa setempat mampu mengemas suatu potensi desa agar memiliki nilai yang lebih dengan membentuk Desa Wisata Berbasis Budaya.

Selain itu, Desa Sukorejo juga telah mampu membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang bergelut dalam bidang tradisi.

"Kami mengapresiasi upaya masyarakat Desa Sukorejo, nanti akan kami jadikan salah satu armada desa wisata di Kabupaten Tuban," kata Suwanto kepada blokTuban.com.

Lebih lanjut, pihaknya mengaku telah beberapa kali mengeksplore keterampilan yang dimiliki oleh masyarakat Desa Sukorejo dan mereka sangat luar biasa dalam melestarikan budaya yang saat ini sudah mulai ditinggalkan.

"Banyak sekali budaya Tuban yang sudah ditinggalkan, namun masih dilestarikan di sini bahkan sampai regenerasi," jelas Kabid Pariwisata. [hud/rom]

desa-w