Kedung Pengok, Alternatif Lokasi Memancing Bernuansa Alam

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Memancing dengan keadaan sekitar yang tenang, sejuk, ditambah nuansa alam khas perdesaan sepertinya lebih nyaman dan tepat untuk sarana refreshing serta hiburan.

Seperti tempat satu ini, Kedung Pengok. Lokasinya berada di antara persawahan Dusun Pengok, Desa Banyubang, Kecamatan Grabagan tersebut juga sering didatangi pemancing-pemancing dari dalam dan luar daerah Kabupaten Tuban.

Berada pada cekungan yang di kelilingi persawahan warga, tempat ini memiliki berbagai jenis ikan. Seperti ikan Mujaer, ikan Sepat, ikan Wader, hingga ikan Lele yang berukuran cukup besar.

"Mancingnya pakai umpan cacing, ikannya di sini lumayan banyak. Lelenya cukup besar, tapi susah. Nggak mau menenggak umpan," terang Kasdi, pemancing asal Kecamatan Plumpang kepada blokTuban.com, Jumat (12/1/2018).

Lanjut Kasdi, bersama kawannya dia tak sengaja menemukan Kedung tersebut. Dengan bertanya kepada warga setempat terlebih dahulu, dia baru tahu jika Kedung tersebut memang sering dipancing warga sekitar Grabagan juga.

"Tempatnya nyaman, tenang, santai. Apalagi ditambah keadaan alam yang sangat alami ini,  jadi semakin betah," imbuhnya lagi.

Sementara itu, dari penuturan warga sekitar lokasi, Kedung Pengok memang menjadi pilihan warga sekitar desa untuk bersantai pada sore hari.

"Setiap sore Kedung di cekungan sawah itu sering dibuat mancing warga sekitar. Hari libur malah banyak yang kesini. Anak-anak muda yang sering nya ke sini," kata Jiani, warga setempat. [feb/col]