Libur Akhir Pekan, Yuk Berburu Durian di Kenduruan!
Reporter: Mochamad Nur Rofiq 
 
blokTuban.com - Liburan akhir pekan bingung mau kemana? Tidak ada salahnya kalau pergi ke Kenduruan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Kebetulan pada bulan Januari ini petani durian di wilayah ujung barat Bumi Wali sedang panen raja buah itu. 
 
"Sejak awal tahun kemarin durian milik petani desa Jlodro mulai panen," ujar salah seorang penjual durian asal kenduruan, Suwarji (50) saat ditemui blokTuban.com di lapaknya yang berada di Timur kantor Kecamatan Kenduruan. 
 
Musim durian di Kenduruan diperkirakan cukup panjang hingga akhir bulan Januari. Sebab belum semua durian petani bisa dipanen. "Kemungkinan bisa sampai akhir Januari, lantaran sebagian buah masih muda," imbuh pria berambut panjang itu. 
 
Buah durian cukup mudah ditemukan di daerah yang terkenal dengan makanan khas Tapenya itu. Buah yang legit nan manis itu bisa tumbuh dan berbuah di Desa Jamprong, Bendolateng, dan Jlodro. 
 
Ketika musim panen, bloers (penikmat blokMedia Group) bisa pesan dan juga hadir di lokasi sambil berburu durain runtuh. Harganya pun cukup murah dan merakyat. "Kita jualnya variatif mulai dari Rp30.000 hingga Rp50.000," ulas bapak empat anak itu. 
 
Berikut secuil informasi seputar Kenduruan. Kenduruan merupakan wilayah Kecamatan yang terletak di daerah perbatasan Jawa Timur dengan Jawa Tengah. Batas-batas wilayahnya, sebelah utara kecamatan Jatirogo, sebelah timur kecamatan Bangilan, sebelah selatan kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro, serta sebelah barat kecamatan Sale, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah dan kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.
 
Bila bloKers dari Tuban kota, Sale Rembang, Bulu Bancar, maupun Bojonegoro perjalanan menuju ke Kecamatan Jatirogo. Kemudian ambil jurusan Blora, Jawa Tengah. Nanti 7 KM ke arah selatan akan ketemu pertigaan makam Sidomukti, ambil ke arah kanan dijamin sudah sampai. 
 
Bila dari arah Blora, bloKers bisa ambil jurusan Jepon, Bogorejo, dan Jatirogo. Tepat di sebelah timur kantor kecamatan Kenduruan, buah durian di jual bergantungan di pinggir jalan. Selamat berakhir pekan. [rof]