Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Hujan deras dan angin lebat yang terjadi belakangan ini turut diikuti besarnya gelombang di perairan laut Jawa.

Diperkirakan, gelombang laut akan mencapai tinggi dari 1,5 hingga 2,5 meter. Oleh karena itu nelayan dihimbau mewaspadai datangnya gelombang saat akan melaut.

Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono mengatakan, gelombang laut dalam pantauan satelit memang terjadi kenaikan tinggi gelombang.

Hal itu menurut Joko tidak terlepas dari fenomena cuaca buruk yang terjadi, mulai dari hujan lebat hingga angin kencang. Bahkan ada bangunan roboh dan pohon tumbang juga.

"Gelombang tinggi diperairan laut jawa bisa mencapai dari 1,5 hingga 2,5 meter, perairan Tuban juga masuk laut Jawa ini," ujar Joko kepada blokTuban.com, Jumat (1/12/2017)

Joko menjelaskan, dengan adanya fenomena cuaca buruk terkhusus gelombang tinggi ini, maka nelayan diharapkan senantiasa waspada dan hati-hati saat melaut.

Nelayan harus bisa memperkirakan dengan adanya gelombang tinggi ini, apakah layak atau tidak untuk tetap melaut dengan kondisi perahu yang dimiliki.

"Kita tidak memaksa orang untuk tidak melaut, hanya nelayan harus bisa memastikan keselamatannya saat memaksa untuk melaut," pungkasnya.[nok/ito]