Manfaatkan DD, Desa Weden Bangun Sarana Olahraga

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Menindaklanjuti arahan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terkait pembangunan sarana olahraga di setiap desa, pemerintah Desa Weden tahun ini membangun lapangan volly yang dialokasikan dari Dana Desa (DD). Meskipun jumlah anggarannya masih sedikit.

Kepala Desa Weden, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Yohan Agung Kurniawan mengaku, di dalam APBDes tahun 2017 ini pihaknya mengalokasikan Dana Desa untuk membangun lapangan senilai Rp15 juta. Dana tersebut digunakan untuk menguruk tanah yang sebelumnya tak terpakai.

"Tahun ini kita awali dengan urukan dulu, tahun depannya lagi baru ditambah," ujar Yohan, saat ditemui blokTuban.com di lokasi, Kamis (30/11/2017).

Ditambahkan Yohan, pembangunan lapangan volly ini dilakukan berdasarkan prioritas usulan pemuda. Selain itu, pihaknya juga menilai, dengan adanya sarana olah raga di desa bisa mengurangi kenakalan remaja.

"Lapangan ini manfaatnya macem-macem, terutama untuk menyalurkan bakat remaja desa dan menanggulangi kenakalan," tandas Kaded muda itu.

Diketahui, Kemendes PDTT sudah memprioritaskan salah satu program yakni pengembangan sarana olahraga dengan membangun lapangan di desa-desa melalui dana desa.

D isamping itu, Kemendes PDTT, telah membangun kerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terkait dengan pemberdayaan pemuda dan pengembangan olahraga di desa sebagai upaya membangun desa sesuai nawacita Presiden Joko Widodo untuk membangun desa dari pinggiran dan daerah terluar. [rof/ito]