Satya Yudha: Sampah Belum Dimaksimalkan untuk Didaur ulang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menurut Wakil Ketua Komisi IIV, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Satya Widya Yudha, kondisi sampah di indonesia masih belum dimaksimalkan untuk didaur ulang.

Hal itu diungkapkan saat menghadiri acara Beach Clean-Up Day, yang diadakan oleh Indonesian and Environmental Institute (IE2I) di Pantai Mangrove Center Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

"Kondisi sampah di indonesia belum dimaksimalkan untuk didaur ulang menjadi bahan yang mempunyai nilai ekonomi," kata Satya kepada wartawan.

Ia menambahkan, sampah yang terdiri dari berbagai jenis itu seharusnya bisa diwujudkan untuk didaur ulang menjadi berbagai macam perlengkapan rumah tangga, kain dan lain-lain yang mempunyai nilai ekonomi.

"Terlebih sampah yang mempunyai kanduangan bio massa saat ini bisa dikonversi menjadi listrik," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, bertempat di Pantai Mangrove Center, Desa/Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Indonesian Energy and Environmental Institute (IE2I) bekerjasama dengan Pertamina menggelar acara Beach Clean-Up Day, Sabtu (4/11/2017), yang diikuti sekitar 150 pelajar tingkat SMP dan SMA/Sederajat se-Kecamatan Jenu, hal itu bertujuan untuk mendidik dan mensosialisasikan kepada anak-anak agar sadar terhadap kebersihan lingkungan. [hud/rom]

satya-1