Manfaatkan Asset Desa, Sidodadi Lelang TKD

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalam rangka memanfaatkan asset desa sebagai salah satu sumber pendapatan asli desa (PADes), pemerintah desa (pemdes) Sidodadi menyelenggarakan lelang sewa tanah kas desa (TKD) tahun 2017. Kegiatan yang berlangsung di balai desa Sidodadi itu berlangsung dalam waktu satu hari, Sabtu (4/11/2017).

"Kegiatan ini merupakan pemanfaatan asset desa sebagai salah satu sumber pendapatan desa," ujar Kepala Desa Sidodadi, Ali Subhan usai rapat lelang.

Dalam pelaksanaannya, tanah kas desa yang disewakan sebanyak enam bidang dengan luas 14,7 hektar dengan total harga Rp29.022.300. Dari 33 warga yang mendaftar, mereka memiliki kesempatan yang sama dalam lelang tersebut.

Enam tanah kas desa, lanjut Kades, merupakan tanah kas desa eks bengkok bayan, sekdes, dan tanah Juru Kesehatan Desa (JKD) Desa Sidodadi. Setiap bidang menurut dia, dipatok dengan harga Rp2 juta hingga Rp5 juta.

"Selanjutnya dana tersebut disetor ke rekening desa sebagai sumber pendapatan desa," pungkas Kades yang juga seorang dalang itu.

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, acara lelang berlangsung secara terbuka dengan sistem undian. Kegiatan lelang tersebut dilakukan berdasarkan putusan BPD dan Kades. [rof/ito]