Pemerintah Pusat Alokasikan Bantuan Benih Jagung 42 Ton

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Guna meningkatkan hasil produksi jagung pada musim tanam tahun ini, pemerintah pusat mengalokasikan bantuan benih jagung kepada petani di Kabupaten Tuban sebanyak 42 ton.

Bantuan yang disalurkan secara gratis di masing-masing Kelompok Tani (Poktan) tersebut, lebih sedikit jumlahnya dibandingkan dengan area luas lahan tanaman jagung yang ada di Kabupaten Tuban yang mencapai 2.800 hektar.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Darmadin Noor, tahun ini alokasi bantuan benih jagung varietas Bima dari pemerintah pusat jumlahnya lebih sedikit dibandingkan luas area lahan tanaman jagung yang ada.

“Sehingga dengan alokasi tersebut, musim tanam tahun ini tidak semua Poktan di Kabupaten Tuban mendapatkan bantuan benih jagung,” kata Darmadin kepada blokTuban.com, Jumat (3/11/2017).

Ia menambahkan, pada musim tanam ini pendistribusian benih jagung bantuan tersebut disalurkan kepada Poktan yang benar-benar membutuhkan benih, untuk meningkatkan produksinya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, hanya 220 Poktan di Kabupaten Tuban yang mendapatkan bantuan benih. “Benih bantuan tersebut dibagikan langsung oleh masing-masing poktan dengan pembagian ketentuan poktan,” tambahnya.[hud/rom]