Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com – Meski musim kemarau, sumber mata air dari Sumur Sendang Ngarum yang berada di Desa Ngarum, Kecamatan Soko masih melimpah. Warga desa setempat memanfaatkannya untu memenuhi kebutuhan air sehari-hari.  Dengan kedalaman hanya 7 meter dari tanah, sumberan air Sendang Ngarum sangat membantu memudahkan warga sekitar yang tinggal di dekat sendang.

Mata air yang bersumber dari atas perbukitan teduh berhias pohon-pohon besar menjulang tinggi itu dimanfaatkan warga untuk kebutuhan sehari-hari mulai dari mencuci baju, mandi, hingga menyirami tanaman di ladang.

Sarengah, salah satu warga yang dijumpai blokTuban.com di area sendang mengaku sangat bersyukur. Pasalnya, dia bersama warga sekitar selalu terpenuhi kebutuhan air mereka ditengah terik kemarau dan kekeringan yang terjadi di beberapa daerah.

"Airnya di sini selalu stabil, banyak warga yang menggunakan air sumur ini untuk minum, mandi, dan bertanam," ungkapnya sambil menimba air sumur di sendang.

Sementara itu, demi terus merawat tanaman petani, warga setempat juga mengambil air sumber mata air tersebut dengan cara menambahkan pipa dari sumur menuju ladang milik petani.

"Sumurnya kan posisinya di atas, petani sekitar ambil air dengan pipa panjang yang sewaktu-waktu bisa dibuka manual dengan alat sejenis kran," papar Lasturi, warga setempat.

Kendati demikian, sumber air yang dibuat manual oleh warga 31 tahun yang lalu tidak begitu terawat. Bangunan sumur dan petakan mandi terbengkalai akibat kurangnya perhatian warga.

"Keadaannya ya seperti ini, bilik mandi sudah lama tak dipakai. Entah sejak kapan, saya lupa," pungkasnya. [feb/col]