Tahun Ini, 1.988 PKL Meriahkan Haul Sunan Bonang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Haul Sunan Bonang Tuban ke-508 sudah menjadi sebuah magnet tahunan bagi para Pedagang Kaki Lima (PKL). Dari tahun ke tahun peringatan haul Sunan Bonang selalu bisa menarik hingga ribuan PKL dari berbagai daerah.

Tak pelak, pedagang-pedagang yang datang untuk mengalap berkah tersebut, memenuhi area Alun-Alun Kabupaten Tuban serta beberapa ruas jalan protokol lainnya.

Dari data yang didapat blokTuban.com dari Dinas Perekonomian, Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag)  Tuban, dalam Haul Sunan Bonang ke-508 ini terdapat sekitar 1.988 lapak PKL.

"Dari laporan yang kami dapat haul ke-508 ini ada sekitar 1.988 lapak PKL," ujar Kepala Dinas Perekonomian, Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tuban, Agus Wijaya kepada blokTuban.com, Kamis (5/10/2017).

Menurutnya, jumlah tersebut sudah termasuk lapak PKL di area alun-alun dan lapak PKL di Jalan KH. Mustain dan Jalan Veteran serta kios bazar. Namun untuk lapak yang berada di Jalan Pemuda dan Ronggolawe tidak termasuk dalam jumlah tersebut.

"Jumlah lapak itu belum termasuk lapak yang berada di Jalan Pemuda dan Jalan Rongglawe," jelasnya.

Dari pantauan blokTuban.com, beberapa titik ruas jalan protokol menuju area makam tersebut dipenuhi lapak PKL yang bertujuan untuk mengalap berkah dan hanya disisakan jalan setapak untuk masyarakat yang berjalan kaki. [hud/col]