Perhatikan Atlet Disabilitas, Pemkab Bentuk NPCI

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban telah berkomitmen untuk memperhatikan atlet penyandang disabilitas guna pengembangan dan peningkatan prestasi olahraga di kalangan difabel.

Hal itu dibuktikan oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, yang telah membentuk National Paralympic Comittee of Indonesia (NPCI) Pengurus Cabang (Pengcab) Tuban beberapa bulan lalu.

"NPCI Pengcab Tuban resmi terbentuk pada akhir Juli lalu melalui Muskab Disparbudpora," kata Kabid Olahraga Disparbudpora Tuban, Zainal Maftuhin.

Menurut dia, dengan dibentuknya NPCI Pengcab Tuban, harapannya masyarakat berkebutuhan khusus (Disabilitas) yang suka dan gemar berolahraga bisa menunjukan skill mereka dan meraih prestasi di bidang olahraga. Sebab, NPCI yang merupakan induk perkumpulan dan wadah bagi para penyandang Disabilitas di Kabupaten Tuban itu dibentuk untuk menampung bakat dan minat penyandang Disabilitas terhadap olahraga.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum KONI Tuban Tuban itu menambahkan, semua penyandang Disabilitas di Kabupaten Tuban yang memliki bakat dan minat terhadap olahraga, bisa bergabung dengan NPCI Tuban, baik mereka dari kalangan pelajar ataupun umum. Pihaknya berujar, di NPCI, mereka akan dibina untuk bisa meraih prestasi di bidang olahraga

“Semua penyandang Disabilitas di Kabupaten Tuban, bisa mendaftarkan diri untuk bergabung dengan NPCI Tuban,” pungkas Zainal. [rof/rom]

*gambar: ilustrasi Net