Penambang Kumbung Temukan Tulang Manusia

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Penambang kumbung tradisional Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, menemukan dua kerangka manusia di tengah tambang batu karst setempat, Rabu (27/9/2017).

Kerangka tulang belulang manusia tersebut ditemukan di kedalaman tambang kurang lebih tiga meter. Penemu tulang manusia tersebut, Kasman mengatakan, saat menggali batu kumbung terlihat sebuah tulang belulang yang menyerupai kerangka manusia.

Lalu dia meyakinkan untuk mengambil tulang yang diperkirakan telah terkubur puluhan tahun tersebut. Setelah diambil ternyata benar, bahwa yang ditemukan tersebut adalah tulang manusia.

"Saya ambil untuk saya pastikan, ternyata benar memang tulang manusia berdasarkan bentuknya," ujar penambang tersebut.

Setelah mengambil beberapa tulang, akhirnya Kasman memanggil penambang lainnya untuk ikut menggali sisa tulang yang ada. Sebab, tulang yang ditemukan tersebut jumlahnya tidak sedikit.

"Kita panggil warga lainnya untuk ikut mengumpulkan tulang belulang yang terkubur itu. Kita ambil untuk ditaruh di plastik, karena jumlahnya banyak. Ada tengkorak kepala, rahang, tulang betis, hingga gigi," terang dia.

Sementara itu, Kapolsek Semanding, AKP Desis Susilo, berencana akan mengubur temuan tulang belulang tersebut di tempat pemakaman desa setempat.

"Rencananya akan kita makamkan di pemakaman umum desa, agar tidak menjadi kekhawatiran masyarakat," singkat Desis.[nok/rom]