Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Koramil 0811/19 Montong menggelar Nonton Bareng (Nobar) Film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) bersama ribuan warga, Sabtu (23/9/2017).

Nobar yang digelar di Lapangan Bolavoli Desa Talangkembar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban tersebut turut dihadiri jajaran Koramil Montong, Polsek Montong, serta Pemerintah Desa Talangkembar, Kecamatan Montong.

Saat dikonfirmasi blokTuban.com, Pembantu Letnan Dua (Pelda) Paimo, yang mewakili Danramil Montong mengatakan, pemutaran film G30S/PKI ini adalah perintah dari Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo.

"Yang bertujuan untuk menyebarluaskan fakta sejarah yang sudah terjadi di NKRI, meluruskan sejarah yang pada saat ini terjadi pro dan kontra akan kebenaran sejarah," tegas Batitud (Bintara Tata Urusan Dalam) Koramil 0811/19 Montong, Paimo.

Paimo menambahkan, dalam acara Nobar film G30S/PKI ini ada sekitar 1300 warga yang hadir. Menurutnya bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai nilai sejarah "Dan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya," ujarnya.

Diketahui semalam, pemutaran film G30S/PKI berlangsung di 7 lokasi, yaitu di Kecamatan Tuban, Semanding, Jatirogo, Bancar, Kerek, Singgahan, dan Montong.[hud/col]