Kemarau, Petani Kebonagung Panen Kedelai Seadanya

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Musim kemarau cukup memberi dampak pada hasil panen para petani kedelai di Desa Kebonagung, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Pasalnya tanaman kedelai petani sangat membutuhkan air yang cukup, agar perkembangan tanaman bisa maksimal.

Sukirno (43), petani kedelai desa setempat menuturkan, bahwa panen kedelainya kali ini hanya keluar 1 karung dari 2 petak sawah miliknya yang berisi 50 hingga 60 kilogram per karung.

"Kemarau menyebabkan pasokan air petani menjadi berkurang, jadi ya panen seadanya begini. Bisa panen saja sudah syukur," papar Sukirno yang ditemui blokTuban.com di kediamannya, Sabtu (23/9/2017).

Demi menghidupi tanamannya, petani setempat mengandalkan air dari Sendang Kuwon, yang harus dibayar perjamnya oleh para petani.

"Sekali kita minta air, kita iuran Rp40.000 dikali 4 orang pemilik sawah lainnya. Jadi bayar sekitar Rp160.000, sawah kita sudah dapat air sampai penuh," tambahnya.

Tak hanya tanaman kedelai, rupanya tanaman jagung milik warga setempat juga mengalami hal serupa. Hasil panen jagung yang didapat tak jauh berbeda dari hasil panen kedelai. [feb/rom]