BPS Jamin, Data Sensus Ekonomi Sesuai Fakta

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban akan menggelar Sensus Ekonomi (SE) tahun 2017. Sensus yang rencananya dilaksanakan pada Agustus dan September itu akan mendata lebih detail mengenai keuangan atau dana operasional bagi pelaku usaha dalam menjalankan usahanya.

Pihak BPS pun memastikan jika hasil sensus ekonomi tahun ini sesuai dengan temuan di lapangan, dan bukan data rekayasa.

"Datanya tentu sesuai dengan hasil di lapangan, nanti petugas akan mendata sesuai quesiner," kata Kepala BPS Kabupaten Tuban, Agus Budi Santoso kepada wartawan, Jumat (14/7/2017)

Dia menjelaskan, perbedaan antara Sensus Ekonomi tahun 2016 dan tahun 2017. Sensus Ekonomi 2016 adalah untuk mengetahui jumlah pelaku usaha di lingkungan masyarakat. Sedangkan untuk sensus ekonomi 2017 adalah untuk mengetahui penghasilan ataupun operasional pelaku usaha secara mendetail dalam menjalankan usahanya sehari-hari.

"Jadi nanti tidak perlu mendata secara menyeluruh di masyarakat, cukup mendata jumlah pelaku usaha yang telah di sensus 2016. Cuma pertanyaannya lebih mendetail terkait operasional usahanya," pungkasnya.[nok/col]