Pasca Lebaran, Konsumen Lebih Tertarik Membeli Kain

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Setiap kali menjelang Hari Raya Idul Fitri, penjualan Batik Tulis atau Batik Tenun Gedog mengalami peningkatan. Pada moment ini sebagian besar konsumen memburu produk batik yang sudah jadi pakaian.

Namun berbeda dengan moment pasca lebaran. Dari pengalaman salah satu pengusaha Batik Tulis Gedog di Tuban H. M. Sholeh, pasca lebaran, konsumen lebih tertarik untuk membeli batik dalam bentuk kain.

Menurutnya, alasan para konsumen memburu batik yang masih dalam bentuk kain tersebut, dikarenakan lebih tepat apabila dijadikan oleh-oleh, dari pada batik yang sudah jadi pakaian.

"Dari pengalaman saya, pasca lebaran konsumen lebih banyak yang membeli kain batik untuk dijadikan oleh-oleh," kata H. M. Sholeh saat ditemui blokTuban.com di toko batiknya di Jalan Letda Sutcipto Tuban.

Sehingga mulai dari awal bulan ramadhan, pengusaha yang telah bertahun-tahun menggeluti usaha Batik Tulis Gedog itu memperbanyak stok kain batik, agar saat arus balik para konsumen bisa mendapatkan kain yang diinginkan.

"Penyediaan stok kain di toko maupun di tempat produksi lebih diperbanyak, untuk mengantisipasi lonjakan pembeli pasca lebaran," pungkasnya. [hud/rom]